Home / Budaya / Ziarah Makam Raja Awali HUT Tanjungpinang
Lis Darmansyah - Walikota Tanjungpinang

Ziarah Makam Raja Awali HUT Tanjungpinang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Wali Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau Lis Darmansyah dan jajarannya mengawali perayaan hari jadi ke-233 Tanjungpinang dengan mengunjungi makam para raja. Lis Darmansyah di makam Raja Haji, mengatakan ziarah makam para pejuang di masa Kerajaan Riau-Lingga merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun.

“Nyekar ke makam para pejuang Melayu ini kami lakukan sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus mengenang jasa para pejuang Kerajaan Melayu,” ucap Lis. Lis yang didampingi pengurus Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan tokoh masyarakat Tanjungpinang memulai ziarah di makam Sultan Sulaiman di Kampung Melayu Kota Piring dan Makam Daeng Marewah di Sungai Carang.

Ziarah dilanjutkan ke makam Raja Haji Fisabilillah yang telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Kemudian Lis dan rombongan berziarah di Engku Puteri Raja Hamidah dan Raja Ali Haji, yang juga sudah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional, di Pulau Penyengat.

Saat berziarah, Lis dan rombongan menabur bunga dan siram air serta mengganti kain nisan. Mereka juga membaca tahlil dan doa. Kepada sejumlah jurnalis, Lis mengatakan pemerintah akan menata kembali makam-makam raja yang telah mengukir sejarah di Tanjungpinang.”Makam ini nantinya akan ditata dengan baik sebagai destinasi wisata religi bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Seusai ziarah makam, Wali Kota Tanjungpinang beserta rombongan salat zuhur berjamaah dilanjutkan dengan acara makan bersama di masjid bersejarah bernama Masjid Raya Sultan Riau Penyengat. Acara puncak hari jadi Tanjungpinang dilaksanakan di Lapangan Pamedan pada 6 Januari 2017 pukul 19.30 WIB. Acara itu diisi dengan kegiatan seni budaya dan hiburan. (antara)

Baca Juga  Menjaga Kelestarian Sejarah Batam melalui Wisata Ziarah

About admin

Lihat Juga

Menteri BUMN Melakukan Simulasi Pelayanan Perizinan MPP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M Soemarno melakukan simulasi pelayanan perizinan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *