Home / Wisata / Wisata Kampung Tua dan Pantai Serta Pulau Putri Nongsa Batam

Wisata Kampung Tua dan Pantai Serta Pulau Putri Nongsa Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pantai Nongsa Batam dan Kampung Tua berada di kawasan Nongsa, Pulau Batam. Nongsa adalah daerah di sebelah utara Batam. Dibandingkan area lain di Pulau Batam, Nongsa relatif belum terlalu masif dijamah pembangunan industri maupun pusat bisnis. Nongsa adalah kecamatan yang merupakan perkampungan penduduk paling awal di Pulau Batam. Sebagian besar perkampungan di Nongsa merupakan kampung tradisional. Oleh karenanya kawasan Nongsa dikenal sebagai Kampung Tua di Batam. Kata Nongsa sendiri berasal dari kata Nong Isa, yaitu nama penguasa yang bertahta di sekitar abad ke-18.

SUASANA PERKAMPUNGAN TRADISIONAL DAN PEMANDANGAN PANTAI NONGSA

Karena suasana perkampungan yang begitu tradisional, Kawasan Nongsa adalah salah satu tempat di Batam yang telah menjadi tujuan wisata budaya dan juga wisata alam serta wisata pantai. Daya tariknya wisatanya adalah keberadaan kampung tradisional melayu di pesisir pantai dengan keindahan Panorama Kota Singapura. Lebar Pantai saat air surut berkisar 20-40 meter, sedangkan panjangnya mencapai 200-300 meter. Pantai ini berlokasi diantara Nongsa Marina dan Batam View yang dapat di tempuh dari Nagoya 30-60 menit , Bandara Hang Nadim 10-20 menit, yang dapat ditempuh menggunakan taksi ataupun minibus jurusan Nongsa.

Suasananya yang masih relatif sepi, jauh dari hingar bingar kota industri Batam menjadikan Nongsa sebagai tempat tujuan berwisata yang cocok untuk dikunjungi di akhir pekan untuk sekedar rileks setelah seminggu berjibaku dengan pekerjaan. Dan karena suasana Nongsa tersebut yang relatif tenang dan sunyi menjadikan kawasan menarik para investor pelaku pariwisata untuk dijadikan sebagai tempat berdirinya hotel, resort dan golf course. Lingkungan yang tenang, masih alami sangat cocok sebagai industri hotel dan resort.

Telah hadir beberapa resort yang berada di kawasan Nongsa. Batam View Resort, Turi Beach Resort, Nongsa Point Marina, Montigo Resort, Palm Spring Golf and Resort dan Purajaya Hotel. Pantai Nongsa memiliki panjang 1,3 km dengan pemandangan yang cukup indah. Pantai ini diapit oleh Nongsa Point dan Turi Beach Resort di sebelah timur dan Palm Spring di sebelah barat. Setiap akhir pekan Pantai Nongsa ini dipenuhi oleh wisatawan lokal. Pantai Nongsa terletak persis di tepi Selat Singapura. Dari Pantai Nongsa ini kita bisa melihat gedung-gedungg tinggi di negeri Singapura dan Malaysia yang ada di seberang lautan yang hanya berjarak belasan kilometer.

Baca Juga  Penataan Pulau Putri dari Abrasi Pantai

Di lepas pantai Nongsa, ada salah satu pulau kecil yang sangat menarik yang terletak di seberang pantai yaitu Pulau Puteri. Pulau Putri merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Pulau Putri merupakan sebuah pulau kecil yang masih menjadi bagian dari Provinsi Kepulauan Riau. Pulau Putri sendiri mempunyai keindahan alam yang tak kalah menariknya selain Pantai Nongsa. Maka wisatawan-wisatawan yang datang ke Pantai Nongsa sayang sekali rasanya apabila tidak singgah sejenak ke Pulau Putri. Pulau Puteri ini memiliki cerita legenda, konon Pulau Puteri merupakan seekor ular raksasa yang terdampar lantaran kesiangan turun ke laut.

Pulau Puteri adalah salah satu pulau terluar Batam yang berbatasan langsung dengan Singapura. Pulau ini bentuknya oval memanjang kira-kira sepanjang 199 meter dengan garis tengahnya tak lebih dari 50 meter. Dari pantai Nongsa untuk dapat mengakses ke pulau ini tidaklah sulit. Dengan menggunakan bot pancung biaya yang terjangkau untuk pulang pergi kita sudah bisa sampai ke pulau putri.

Yang menjadi daya tarik lainnya dari Pantai Nongsa dengan Pulau putri salah satunya adalah harga tiket masuk ke kawasan Pantai Nongsa ini yang sangat terjangkau, hanya dengan membayar tiket masuk yang relatif murah para wisatawan sudah dapat menikmati keindahan Pantai Nongsa dan keindahan alam disekitarnya. Bahkan wisata pantai ini dibuka selama 24 jam oleh pihak pengelola yang berarti tidak ada batasan waktu bagi para wisatawan apabila ingin berkunjung ke kawasan ini.

Untuk menuju Pantai Nongsa, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan sewa atau menggunakan taksi dari pusat kota Batam. Anda akan menempuh perjalanan sekitar 40 menit, sedangkan jika dari Bandara Hang Nadim, Batam maka perjalanan yang ditempuh sekitar 20 menit. (eb/sw)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Provinsi Kepri Ditargetkan Menjual 500 Paket Wisata

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Provinsi Kepulauan Riau ditargetkan menjual 500 ribu paket wisata dalam program hot deal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *