Home / Politik / Wawako : Seleksi untuk Hasilkan Pemimpin Berkualitas

Wawako : Seleksi untuk Hasilkan Pemimpin Berkualitas

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad membuka assessment test seleksi Pimpinan Jabatan Tinggi Pratama (PJTP) Kota Batam, Jumat (24/2). Tes dilaksanakan di Aula Engku Hamidah Lantai IV Kantor Walikota Batam, hingga 1 Maret mendatang.

Amsakar mengatakan tes ini merupakan mekanisme atau proses yang harus dilalui dalam pengangkatan pejabat tinggi pratama. Tes bertujuan agar didapatkan pejabat yang berkualitas.

“Proses seleksi ini menghasilkan SDM yang berkualitas untuk memimpin, harus memiliki kompetensi,” kata Amsakar.

Ia mengatakan di era kepemimpinan sekarang diharapkan kerja organisasi perangkat daerah (OPD) cepat dan responsif. Tidak ada lagi kolusi korupsi nepotisme (KKN).

“Kita jangan bermazhab seperti zaman dahulu. Mau tidak mau, suka tidak suka, karena kita yang memilih menjadi pegawai negeri,” ujarnya.

Amsakar mengatakan dengan terpilihnya empat pejabat tinggi pratama di seleksi ini maka lengkaplah OPD Pemko Batam. Semua posisi Kepala OPD telah terisi.

Asesor dari Polda Kepri, Dwi Nuryanto mengatakan pelaksanaan tes ini prinsipnya multi tools dan multi asesor. Tiap peserta atau asisi diukur dengan dengan beberapa macam penilaian yaitu psycotest problem, analysis simulation, leadership, group discussion, paparan dan interview.

“Skornya sesuai dengan level kompetensi. Hasilnya sangat memenuhi syarat, memenuhi syarat, cukup memenuhi syarat, belum memenuhi syarat,” kata Dwi.

Menurutnya selama ini tidak ada kendala karena sudah disiapkan dengan baik oleh panitia. Asisi pun antusias mengikuti tes.

Assessment test ini diikuti 19 asisi yang memperebutkan empat kursi jabatan. Yakni empat peserta untuk posisi Kepala Dinas Kesehatan, lima peserta untuk jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, lima peserta jabatan Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, dan lima peserta untuk Direktur RSUD Embung Fatimah.

Hasil tes akan diumumkan pada 2 Maret mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan penulisan makalah pada 3 Maret, dan presentasi serta wawancara pada 6 Maret. Terakhir pembahasan hasil penulisan makalah pada 7 Maret. (mcbatam)

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *