Home / Daerah / Batam / Warga Batam Asal Selingsing Banjiri Pantai Wisata Tanjung Bemban

Warga Batam Asal Selingsing Banjiri Pantai Wisata Tanjung Bemban

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sebagai perwujudan eksistensinya di Batam, perkumpulan Selingsing kota Batam gelar harlah pertama berlokasi di Tanjung Bemban, Nongsa, minggu (22/4/18).

Hadir Wakil Gubernur H. Isdianto, S. Sos, M. Si, Ketua DPD RI Hardi Slamet Hood, Walikota Batam H. Muhammad Rudi, SE, MM, Wakil Walikota Batam selaku pembina perkumpulan Selingsing Amsakar Achmad, S. Sos, M. Si, anggota DPRD Propinsi Kepri Asmin Patros, Wakil Bupati Lingga, tokoh propinsi kepri Ansari Ahmad, perwakilan Kapolda Kepri S. Erlangga, Ketua umum Selingsing, Hj. Siti Aisyah, SE, beberapa anggota DPRD kota batam, Khoirul Soleh selaku tokoh masyarakat selingsing serta ribuan warga Selingsing.

Sambutan pertama disampaikan oleh Amsakar Achmad bahwa perkumpulan Selingsing musti dimaknai sebagai organisasi warga Batam yang berasal dari Selingsing.

“Bagian terbesar di pemerintahan kota Batam maupun propinsi Kepri sedikit banyak ada sangkut pautnya dengan Lingga, jadi Selingsing dan Batam adalah satu kesatuan, jadi mari kita maknai perkumpulan selingsing sebagai perkumpulan warga Batam yang berasal dari Selingsing, bukan warga selingsing yang ada di Batam, sehingga warga kita akan bahu membahu dengan pemerintah untuk mengimbangi kecepatan pembangunan pemerintah yang berlangsung saat ini, “ujar Amsakar.

Sedangkan disambutannya, Rudi mengajak semua warga selingsing juga turut bersinergi dengan pemerintah menjadikan Batam sukses sebagai kota pariwisata tahun 2020. Senada dengan Rudi, wagub Kepri Isdianto, mengajak semua pihak lebih aktif bersinergi dengan pelaksanaan pembangunan yang saat ini sedang berlangsung. Disusul pemotongan nasi besar, joget dangkong, pemberian secara simbolis kartu keanggotaan Selingsing kepada perwakilan 12 kecamatan dan ditutup dengan penarikan undian doorprize.

Usai acara, Amsakar menambahkan sebelum selingsing terbentuk, telah ada sebelumnya beberapa ikatan warga dari kabupaten Lingga, antara lain Ikatan Keluarga Masyarakat Singkep (IKMS), Ikatan Keluarga Masyarakat Lingga (IKML) dan Ikatan Keluarga Masyarakat Nelayan (IKMN), dan perkumpulan Selingsing menjadi organisasi gabungan daripada ikatan-ikatan warga masyarakat tersebut. Ia mengharap kedepannya Selingsing lebih peduli dengan warga masyarakatnya. Saat ini warga Selingsing di Batam dikatakan Amsakar ada sekitar 40.000 orang, diharapkan perkumpulan Selingsing menjadi wadah perekat silahturahmi serta jadi pengayom bagi warganya. Ia juga berharap warga Selingsing turut serta berkontribusi terhadap pembangunan kota dan daerah kedepannya. Senada dengan Amsakar, Asmin Patros yang juga merupakan pembina dari Selingsing mengatakan ia telah meminta kepada ketum Selingsing disediakan rumah singgah bagi warga Selingsing berdekatan dengan RSUD Embung Fatimah sehingga apabila ada warga Selingsing sakit, bisa cepat terbantu. Sedangkan Hendra Asman selaku ketua panitia berharap dari kegiatan harlah tersebut, mereka bisa mengumpulkan data lebih banyak lagi tentang keberadaan warga Selingsing di Batam lewat pengumpulan kupon doorprize.

Terakhir, Ketua umum perkumpulan Selingsing, Hj. Siti Aisyah, SE menyampaikan harapan besarnya perkumpulan Selingsing sebagaimana mottonya “Maju dan Jaya” menjadikan warga Selingsing bisa terayomi dan semakin maju kedepannya. Senada dengan Amsakar, ia bentuk perkumpulan Selingsing sebagai wadah gabungan dari beberapa ikatan warga kabupaten Lingga yang sudah terbentuk.

“Saya melihat selama ini belum ada persatuan masyarakat se-kabupaten Lingga, yang ada terkotak-kota, senayang sendiri, lingga sendiri dan singkep sendiri, kita tidak kenal satu sama lainnya, maka saya berpikir kita perlu adanya satu wadah perkumpulan se kabupaten Lingga yaitu senayang, lingga, singkep, dan ini menjadi wadah untuk tempat bersilaturahmi dan mempererat persaudaraan, saling peduli satu sama lain, “jelas Aisyah.

Syarat untuk menjadi anggota perkumpulan Selingsing adalah keturunan atau warga asli yang berasal dari kabupaten Lingga dan suami atau istri yang menikah dengan orang kabupaten Lingga, sesuai dengan kartu keluarganya. Dari situ mereka akan mendapatkan kartu keanggotaan perkumpulan Selingsing untuk dijadikan alat bantu mereka saat mengalami suatu permasalahan. Hj. Aisyah menambahkan, kedepannya kartu anggota akan memuat asuransi. “Kita akan bekerjasama dengan pihak Asuransi” ulas Hj. Aisyah.

Berbagai program sosial yang sudah dilakukan antara lain rujukan RSUD Embung Fatimah ketika ada warga sakit, memperjuangkan anak-anak warga Selingsing agar bisa masuk ke sekolah-sekolah negeri, pengadaan transportasi roro bagi warga ketika mudik lebaran, dan program selanjutnya adalah pembentukan koperasi.”Fungsinya untuk menciptakan lapangan kerja dan mensejahterakan anggota, “tutup Aisyah. (dianHP)

 

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *