Home / Daerah / Batam / Walikota Batam Resmi Membuka Pelatihan Tenaga Kerja Batam 2018
Walikota Batam, Muhammad Rudi membuka secara resmi pelatihan bagi pencari kerja dan peningkatan kemampuan tenaga kerja. Pembukaan pelatihan dilakukan di Aula PIH Batam Centre, Rabu (14/2).

Walikota Batam Resmi Membuka Pelatihan Tenaga Kerja Batam 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Walikota Batam, H. Muhammad Rudi, SE, secara resmi membuka pelatihan bagi pencari kerja dan peningkatan kemampuan tenaga kerja tahun 2018. Pembukaan pelatihan tersebut dilakukan di Aula PIH Batam Centre, pada hari Rabu 14 Februari 2018 yang lalu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyarkirti dalam kesempatan sambutannya mengatakan bahwa pada tahun ini dianggarkan telah dianggarkan Rp 13,718 miliar untuk pelatihan bagi 2.320 tenaga kerja dan pencari kerja yang ada di Kota Batam. Rincian dari anggaran tersebut yaitu, Rp 5,897 miliar digunakan untuk pelatihan bagi 969 pencari kerja, dan Rp 7,820 miliar lagi untuk peningkatan kompetensi bagi 1.351 tenaga kerja di Kota Batam.

Jumlah pencari kerja 2.320 tersebut menurut Rudi telah berkurang dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2017, Disnaker Batam telah menggelar pelatihan untuk 2.500 pencari kerja dan tenaga kerja. Tetapi peningkatan dilakukan untuk jumlah pelatihan bagi pencari kerja. Rudi mengatakan pelaksanaan pelatihan dilakukan bekerjasama dengan lembaga pelatihan dan sertifikasi. Jadwal tiap jenis pelatihan berbeda, begitu juga dengan lama pelatihannya.

Adapun peserta pelatihan pencari kerja merupakan hasil seleksi yang telah dilakukan Januari lalu. Sementara untuk peningkatan kompetensi tenaga kerja, peserta pelatihan berasal dari rekomendasi perusahaan dan asosiasi profesional tertentu.

“Jenis pelatihannya ada banyak. Untuk pencari kerja saja ada 35 jenis pelatihan. Sedangkan untuk peningkatan kapasitas tenaga kerja, 41 jenis pelatihan. Totalnya ada 76 jenis pelatihan. Tahun lalu banyak pencaker yang tidak serius. Tahun ini kami ingin yang benar-benar ikut pelatihan yang dapat sertifikat. Siapa yang serius kita beri surat rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja, agar dapat perhatian lebih dari HRD perusahaan. Ini terobosan kita,” ujarnya.

Selain pelatihan juga ada program pemagangan bagi pencari kerja. Ini merupakan program Kementerian Tenaga Kerja. Ada 40 pencari kerja yang bisa mengikuti pemagangan selama tiga bulan. Jika perusahaan menilai hasil kerjanya bagus, pemagang bisa langsung bekerja di perusahaan tersebut.

Walikota Batam, Muhammad Rudi berharap para peserta pelatihan bisa mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dan serius sampai tuntas. Karena tak hanya mendapat tambahan keahlian tapi juga dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga resmi.

“Sekarang hanya bisa digunakan untuk lokal kita saja. Tapi ke depan akan kita buat supaya bisa dipakai ke luar juga. Salah satunya itu dengan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, supaya dapat posisi kerja yang lebih baik di luar negeri,” kata Rudi. (kartika/mcb/editor:yd)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *