Home / Daerah / Batam / Walikota Batam Melirik Ruli untuk Memperluas Lahan Pasar Induk
Pasar Induk Jodoh, Batam

Walikota Batam Melirik Ruli untuk Memperluas Lahan Pasar Induk

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Diperkirakan, saat ini luas lahan yang menjadi lokasi pasar Induk Jodoh tidak akan mampu lagi untuk menampung seluruh pedagang yang berada di Pasar Induk dan PK 5 di Tos 3000, Jodoh. Oleh sebab itu, harus ada penambahan lahan agar seluruh pedagang dapat tertampung dan sekaligus memiliki lokasi parkir untuk kendaraan yang memadai.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, saat ini luas lahan Pasar Induk hanya tinggal 1,5 hektar. Padahal, sebelumnya pasar Induk memiliki luas 2,5 hektar. Ini berarti ada selisih 1 hektar lagi yang diketahui telah dijual. Karena itu ia pun mulai melirik lahan perumahan liar (ruli) yang ada di sekitaran pasar Induk Jodoh. Paling tidak, ada sekitar 2 hektar lahan tambahan untuk Pasar Induk nantinya.

“Ternyata selebihnya sudah dijual. Lahan yang sekarang kami tak cukup menampung seluruh pedagang di Jodoh,” terang Rudi, kemarin di Batamcenter. “Saat ini hanya 1,5 hektar, kalau ditambah 2 hektar, jadinya 3,5 hektar. Inikan bikin lega,” tambahnya.

Menurutnya, ia dan tim terpadu sudah mendata berapa jumlah Ruli yang ada di lahan seluas 2 hektar tersebut. Dari data sementara, ia mendapati ada sekitar 300 ruli di lahan tersebut.  Dikatakan Rudi, cara ganti rugi itu ia rasa cukup adil untuk pemilik Ruli di lahan 2 hektar tersebut. Para warga bisa memulai usaha di pasar tersebut.

“Kalau tak salah ada 300 rumah disana. Nah kami sedang membujuk apakah mereka mau pindah dari sana. Kalau mau, maka mereka dikasih satu kios di pasar Induk nantinya,” jelas Rudi. “Mereka jadi punya kioskan di pasar Induk,” imbuh Rudi.

Masih kata Rudi, pihaknya juga masih menunggu status resmi dari Kementrian Keuangan atas lahan Pasar Induk. Sebab lahan tersebut sudah resmi diberikan oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam dengan penandatanganan surat penyerahan. (**)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *