Home / Daerah / Batam / Wali Kota Optimis Angka Pengangguran di Batam Akan Berkurang

Wali Kota Optimis Angka Pengangguran di Batam Akan Berkurang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Wali Kota Muhammad Rudi optimis angka pengangguran di kota Batam akan berkurang seiring dengan pertumbuhan pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Pemko Batam.

“Makanya saya bikin infrastruktur banyak-banyak,” ujarnya, Kamis (12/01/2017) di gedung DPRD kota Batam.

Rudi mengatakan untuk pencari kerja yang laki-laki dapat diserap sebagai pekerja jalan dalam proyek-proyek infrastruktur. Hal Ini merupakan salah satu penyelesaian untuk pencari kerja yang tidak mendapatkan pekerjaan di pusat industri seperti di kawasan Muka kuning. “Kalau boleh laki-laki di jalan, perempuan yang di perusahaan,” jelasnya.

Menurutnya dampak dari banyaknya pembangunan-pembangunan infrastruktur tersebut, nantinya kedepan diharapkan dapat lebih banyak lagi menyerap tenaga kerja atau padat karya. “Artinya kita memperbanyak, itulah gunanya padat karya,” terangnya.

Selain pembangunan infrastruktur, Rudi berharap para investor untuk pembangunan di kota Batam. BP Batam juga diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para investor yang ingin menanamkan modal di kota Batam. “Maka tadi ada pak Hatanto, dari dulu sudah saya bilang permudah orang untuk berinvestasi di kota Batam,” tegasnya.

Kata Rudi, kemarin sudah ada MoU antara Kapolda, Kajati dan Gubernur Kepri terkait perizinan, dan mudah-mudahan kendala tersebut cepat selesai. “Kenapa saya bilang perizinan, karena semua kegiatan AD (Anggaran Dasar) pasti perizinan yang menjadi masalah,” jelasnya lagi.

Rudi mencontohkan bagi investor yang mau serius membangun hotel atau membangun apartemen di kota Batam, Pemko Batam langsung mendatangi dan izin diselesaikan. “Satu itu kalau dibangun, kita bisa bayangin pekerja bisa sampai 3-400. Kalau nanti selesai tambah lagi 3-400 perempuan bisa masuk,” ungkapnya.

Ditambahkan bahwa kalau sudah ada lokasi untuk tempat kerja, tahun 2017 ini, akan diadakan pelatihan kerja untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para pekerja di kota Batam dengan sumber dana dari retribusi IMTA. “Kan uangnya harus pakai itu, tahun ini akan dipakai untuk pelatihan dan segala macam,” pungkasnya. (sk)

About admin

Lihat Juga

Kesenian Berbagai Daerah Warnai Sosialisasi Pemilu 2019

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Beragam kesenian ditampilkan dalam acara Pagelaran Seni dan Budaya dalam Rangka Menyambut Satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *