Home / Daerah / Batam / Wali Kota Batam Pastikan Rekomendasi UMS

Wali Kota Batam Pastikan Rekomendasi UMS

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Walikota Batam, HM. Rudi, SE, menemui langsung massa Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam yang melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Walikota Batam, jalan Engku Putri, pada hari Jumat tanggal 16 Desember 2016. Beliau memastikan, rekomendasi mengenai Upah Minimun Sektoral (UMS) akan disampaikan ke Gubernur Kepri dalam dua hari ini (atau hari senin, 19 Desember 2016).

“UMS segera kepastiannya. Saya akan tandatangani, kalau malam ini selesai malam ini juga saya tandatangani,”terang Rudi saat menemui langsung di depan massa FSPMI Batam yang melakukan aksi unjuk rasa.

Satu-satunya tuntutan massa unjuk rasa dari FSPMI Batam ini adalah menuntut rekomendasi Upah Minimum Sektoral dari Walikota Batam segera dikirimkan ke Gubernur Kepri. Wali Kota Batam Rudi mengatakan rekomendasi tersebut akan dibuat Disnaker Batam dan paling lambat Senin (19/12) pekan depan surat tersebut sudah berada di Gubernur Kepri.

Setelah Mendengar tanggapan yang disampaikan oleh Wali Kota Batam tersebut seluruh buruh FSPMI Batam yang melakukan aksi unjuk rasa memberikan aplaus. Selanjutnya Panglima FSPMI Batam, Suprapto yang memimpin aksi unjuk rasa tersebut berharap pada hari senin pekan depan copian (salinan) rekomendasi tersebut juga disampaikan pada serikat pekerja.

“Mudah-mudahan Senin ada copian. Dan ini terus kita kawal nanti hingga ke gubernur. Kita berharap, keputusannya sebelum tanggal 20 desember sudah ada,” kata Suprapto.

Kepala Disnaker Batam, Rudy Syakyakirti mengatakan, rekomendasi UMS yang akan disampaikan ke gubernur itu ada tiga sektor. Semuanya naik, 8,25 persen dari tahun ini. UMS Kota Batam tahun ini berdasarkan sektor. Kelompok usaha sektor I yang meliputi sektor galangan kapal, migas, dan sejenisnya UMS-nya sebesar Rp 2.998.454. Kelompok usaha sektor II meliputi industri manufaktur, dan sejenisnya Rp 3.027.855, dan sektor II Pariwisata dan sejenisnya sebesar Rp 3.203.699.

Baca Juga  Pemko Batam Sosialisikan Pelebaran Jalan Sei Panas-Bengkong

“Kita sampaikan itu sesuai usulan DPK (Dewan Pengupahan). Naiknya 8,25 persen. Nanti tergantung gubernur lagi,” terangnya. (mcbatam)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Pasien RSUD-EF Bisa Daftar Lewat SMS dan Daring

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pasien RSUD Embung Fatimah (RSUD-EF) kini bisa mendaftar melalui pesan singkat (SMS) dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *