Home / Daerah / Batam / Wali Kota Batam Mengharapkan Dukungan Pengusaha Untuk Mewujudkan Batam Hijau
Wali kota Batam, Muhammad Rudi menanam pohon ketapang kencana di Kelurahan Taman Baloi Kecamatan Batam Kota beberapa waktu lalu.

Wali Kota Batam Mengharapkan Dukungan Pengusaha Untuk Mewujudkan Batam Hijau

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Walikota Batam, Muhammad Rudi harapkan dukungan pengusaha dalam mewujudkan Batam Hijau. Hal ini disampaikan Rudi dalam kegiatan penanaman pohon ketapang kencana di Kelurahan Taman Baloi Kecamatan Batam Kota, Minggu (15/4).

“Batam Hijau sudah lama dicanangkan. Pelaksanaannya melalui tangan pengusaha,” kata Rudi.

Penanaman pohon di jalan baru depan Kantor Lurah Taman Baloi ini dilaksanakan bersama Karang Taruna Kota Batam dan BPR Sejahtera Batam. Ketua Karang Taruna Batam, Zul Arif mengatakan pihaknya akan mengajak lebih banyak BPR untuk ikut serta menanam pohon di seluruh wilayah Kota Batam.

Sementara itu, Direktur BPR Sejahtera Batam, Sumantri mengatakan Ketapang Kencana yang ditanam saat itu ada 200 batang. Sebelumnya juga sudah ditanam 180 batang.

“Kalau boleh ditambah lagi. Saya minta lagi 300. Jadi ini akan dilapis. Nanti seluruh Batam kita hijaukan,” kata Rudi.

Walikota mengatakan saat ini Pemerintah Kota Batam sedang melakukan pelebaran jalan. Dan dalam proses pelebaran jalan ini, tak bisa dihindari untuk menebang pohon. Karena pohon di sepanjang jalan utama Batam sebagian besar berumur tua, butuh biaya besar jika harus dipindah tanam.

“Satu pohon biayanya bisa sampai Rp 50 juta. Makanya kita tanam lagi saja. Saya punya cita-cita, satu juta ketapang kencana di Batam,” kata mantan anggota DPRD Kota Batam ini.

Rudi menargetkan pelebaran jalan utama Kota Batam bisa selesai dalam tujuh tahun. Dan untuk penghijauannya ia minta bantuan perusahaan melalui program tanggungjawab sosial atau corporate social responsibility (CSR).

“Nanti akan saya rapatkan dengan seluruh pengusaha. Biar CSR ada aturannya. Kita rapatkan, bagi habis wilayah Batam. Semua jalan yang dilebarkan, gersang, jadi dihijaukan dengan penanaman pohon,” ujarnya. (kartika-mcb)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Pasien RSUD-EF Bisa Daftar Lewat SMS dan Daring

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pasien RSUD Embung Fatimah (RSUD-EF) kini bisa mendaftar melalui pesan singkat (SMS) dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *