Home / Daerah / Batam / Wali Kota Batam Mengajak Masyarakat Jeli Melihat Peluang Usaha Pariwisata

Wali Kota Batam Mengajak Masyarakat Jeli Melihat Peluang Usaha Pariwisata

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan berbagai peluang usaha dan kerja di bidang pariwisata, menyusul semakin banyaknya wisatawan mancanegara yang mengunjungi daerah ini.

“Dalam sektor pariwisata masyarakat menyiapkan apa saja yang dibutuhkan wisatawan mancanegara,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam.

Batam merupakan kota dengan angka kunjungan wisman ketiga terbanyak di Indonesia. Namun sayang belum banyak masyarakat yang memanfaatkan peluang usaha dan kerja untuk memanjakan wisman. Peluang usaha travel, oleh-oleh, hotel, dan restoran masih dikelola sebagian kecil masyarakat Batam. Tidak seperti di Bali yang mayoritas warganya terlibat dalam kegiatan usaha pariwisata. Wali Kota mengajak masyarakat jeli melihat peluang apa saja yang dibutuhkan wisman untuk berlibur.

“Misalnya, wisman asal Korea Selatan harus tahu apa yang mereka inginkan, itu bisa dipersiapkan dari sekarang. Jika makanan maka makanannya harus layak dan bersih,” kata dia.

Selain itu, kepala daerah juga mengajak masyarakat terbiasa dengan bahasa internasional, terutama Bahasa Inggris untuk memudahkan komunikasi dengan wisman dan dunia usaha. Rencananya, Dinas Pendidikan akan menerapkan kurikulum yang menerapkan pendidikan Bahasa Inggris sedini dini.

Pemkot Batam berupaya meningkatkan industri pariwisata sebagai ujung tombak perekonomian daerah setelah industri galangan kapal dan manufaktur terus melemah. Batam yang berbatasan laut dengan Singapura dan Malaysia didatangi lebih dari 1 juta wisman setiap tahun. (prad-ant)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *