Home / Peristiwa / Wako Batam Serahkan 2.700 Sertifikat Tanah Gratis Warga dan Berjanji Tiadakan UWT
Wali Kota Batam, Rudi menyerahkan sebanyak 2.700 sertifikat gratis untuk masyarakat di Kecamatan Sagulung dan Sei Beduk, Sabtu (6/1/2018) pagi.

Wako Batam Serahkan 2.700 Sertifikat Tanah Gratis Warga dan Berjanji Tiadakan UWT

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Wali Kota Batam, Rudi menyerahkan sebanyak 2.700 sertifikat gratis untuk masyarakat di Kecamatan Sagulung dan Sei Beduk, Sabtu (6/1/2018) pagi. Kegiatan itu berlangsung di Top 100 Tembesi. Pembagian sertifikat gratis ini, merupakan bagian dari program nasional (Prona) untuk rakyat pada 2017. Prona diadakan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Sebelumnya, Menteri ATR, Sofyan Djalil sudah datang ke Batam, untuk menyerahkan secara simbolis sertifikat gratis kepada masyarakat Kepri, di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batam di Sekupang, Desember lalu.

Dalam sambutannya, Rudi mengatakan, pembagian sertifikat gratis ini akan dilakukan secara bertahap. Rudi juga berjanji, akan memperjuangkan perumahan di Batam, agar dibebaskan dari tarif sewa lahan atau yang dikenal dengan UWT (Uang Wajib Tahunan).

“Kami sebagai anggota dewan kawasan, komitmen untuk terus berjuang menjadikan Batam sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),” kata Rudi dalam rilis Humas Pemko Batam yang diterima Tribun Batam, Sabtu siang.

Ia melanjutkan, apabila Batam menjadi KEK, maka BP Batam akan fokus mengurus investasi, khususnya yang berada di kawasan ekonomi terpadu. Sedangkan perumahan, tidak masuk menjadi bagian KEK.

“Sehingga urusan perumahan itu ada di bawah Pemko Batam,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPN Kota Batam, Asnaidi mengatakan, semula target sertifikat gratis untuk Batam itu berjumlah 20.712 sertifikat.

Namun, pihaknya bisa menyelesaikan 20.901 sertifikat tanah atau persentasinya 101 persen.

“Baru Batam yang 100 persen menyelesaikan sertifikat gratisnya. Batam termasuk target besar yang dipantau langsung oleh menteri,” kata Asnaedi. (tb)

About admin

Lihat Juga

Menteri BUMN Melakukan Simulasi Pelayanan Perizinan MPP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M Soemarno melakukan simulasi pelayanan perizinan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *