Home / Daerah / Batam / Wako Batam Menjalankan Tradisi Gotong Royong
H Muhamad Rudi SE Wali Kota Batam

Wako Batam Menjalankan Tradisi Gotong Royong

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Wali Kota Batam Kepulauan Riau, Muhammad Rudi menjalankan tradisi gantong-gantong pada Senin pagi, menjelang akad nikah putrinya, Kamis (29/3).

“Pagi ini diadakan adat gantong-gantong, sebagai rangkaian adat pernikahan Melayu,” kata Kepala Bagian Humas Pemkot Batam, Yudi Admaji di Batam, Senin.

Puteri Wali Kota, Fikih Amylia akan menikah dengan Kompol Isa Imam Syahroni. Resepsi pernikahan keduanya akan digelar 31 Maret 2018, dengan pesta rakyat. Yudi menyatakan, Gantong-gantong adalah pemasangan janur, tanda akan dilaksanakan hajatan, demi memberi tahu pada tetangga dan sekitar bahwa akan berlangsung sebuah pernikahan.

“Seperti upacara bleketepe pada adat Jawa,” jelas yudi.

Dalam penjelasan panitia, Gantong-gantong merupakan mengantung tabur berwarna-warni, memasang langit-langit dan menghiasai ruangan-ruangan di rumah dan bilik pengantin. Dalam tradisi itu, juga dibuat paterakne dan pelaminan di rumah calon pelamin perempuan.

Tradisi gantong-gantong diawali dengan doa selamat dan tepung tawar empat penjuru yang dipimpin tokoh adat Melayu, Zulkarnain Umar. (ant)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *