Home / Nasional / Wakil Ketua DPR Minta Zulkifli Klarifikasi Kontroversi LGBT
Ketua MPR Zulkifli Hasan

Wakil Ketua DPR Minta Zulkifli Klarifikasi Kontroversi LGBT

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta – Pernyataan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan tentang lima fraksi yang mendukung lesbian, gay, biseksual, dan transgender, atau LGBT dan setelah viral langsung dibantah lagi bahwa lima fraksi tak mendukung ,dinilai sebagai pernyataan orang yang tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Isu lima fraksi DPR dukung lesbian, gay, biseksual dan transgender atau LGBT, yang dilontarkan Ketua MPR Zulkifli Hasan, menimbulkan kegaduhan. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto, menilai berbagai pernyataan di publik memang harus terkonfirmasi dengan baik.

“Yang jelas seperti itu. Saya selalu hati-hati. Selalu kalem. Walaupun senyum yang jelek. Bahwa kami tidak ingin menimbulkan keresahan. Semuanya apabila statement akan kami uji,” kata Agus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 23 Januari 2018.

Mengenai pernyataan Zulkifli yang sudah ‘nasi menjadi bubur’, Wakil Ketua DPR ini menyerahkan sepenuhnya kepada Zulkifli untuk klarifikasi. Meskipun Partai Amanat Nasional sudah menyampaikan klarifikasinya.

“Tentunya kita serahkan pada beliau. Ini di luar permasalahan kami,” ujar Agus.

Agus kemudian menyampaikan hingga kini soal LGBT belum pernah dibahas secara khusus dalam bentuk Rancangan Undang-Undang. Apalagi terpikir masuk ke dalam Program Legislasi Nasional. Menurutnya, masukan informasi dari anggota Fraksi PAN ke Zulkifli dinilai tak tepat. Maka, Agus menilai terjadi miskomunikasi kepada Zulkifli dari kadernya di parlemen.

“Enggak ada soal UU LGBT yang dibahas di DPR. Jangankan masuk Prolegnas, wacananya saja belum pernah ada. Sehingga barangkali miskom atau input yang disampaikan anak buahnya (Zulkifli) kurang tepat,” kata Agus.

Sebelumnya, dalam acara Tanwir Aisyiah di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, Sabtu malam, 20 Januari 2018, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengingatkan para anggota Aisyiah soal ancaman perilaku menyimpang dari kelompok yang menginginkan perzinahan dan LGBT lolos di negeri ini. Dia menyebut soal itu tengah dibahas di DPR. Kata Zulkifli, ada lima partai yang setuju LGBT dimasukkan dalam perundang-undangan. Dia tak menyebut partai apa saja yang dimaksud. Hal yang pasti, partai yang ia pimpin, Partai Amanat Nasional, menolak.

“DPR juga dibahas soal LGBT atau pernikahan sesama jenis. Sudah lima partai politik menyetujui,” ujar Zulkifli.

PDIP Usul Zulkifli Hasan Diadukan ke MKD

“Pernyataan Ketum MPR itu, kan sudah sangat jelas dan telah ditulis oleh media. Tetapi, kemudian ditafsirkan lagi dengan lima fraksi menolak LGBT,” kata M. Idham Samawi, ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP, di sela-sela acara Sosialisasi Empat Pilar di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta pada Senin 22 Januari 2018.

Atas tindakan Ketua MPR yang membikin keruh suasana itu, seharusnya ada pihak yang menindaklanjutinya dengan pelaporan ke MKD, atau Mahkamah Kehormatan Dewan.

“Kalau saya, ya, maka akan saya laporkan ke MKD. Saya melihat, Pak Zul bukan ketua umum PAN, namun Ketua MPR. Itu namanya ngisin-ngisine waris (membuat malu anak dan keturunan),” ujar Idham, yang juga anggota Komisi VII DPR itu.

Mantan Bupati Bantul itu menyatakan, masyarakat sudah tahu bahwa delapan fraksi yang hadir dalam rapat Badan Legislasi minus Fraksi PAN telah menolak LGBT. Namun, untuk memidanakan harus melalui undang-undang yang akan dibahas oleh DPR.

“Bukannya lima fraksi sepakat bahwa LGBT dilarang dan sanksi atau hukumannya harus dengan undang-undang yang akan segera dibahas oleh DPR, bukannya menyetujui LGBT di Indonesia,” ujarnya. (**)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Menyapa Kota Bandung dari Gunung Batu Lembang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bandung – Lembang terkenal sebagai tujuan wisata bagi para pengunjung Kota Bandung. Meski jaraknya cukup jauh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *