Home / Wisata / Vihara Cuikao Pekong, Tiban Mentaro, Batam

Vihara Cuikao Pekong, Tiban Mentaro, Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam  Dahulu kala tanah vihara tersebut adalah milik Datok Sulaiman, kemudian pada tahun 1963, Lie Jiao Hui sekeluarga pindah ke Tiban Mentarau. Pekong adalah patung dewa Bumi dan kekayaan yang dibawa dari China oleh Lie Jiao Hui tahun 1929, dibagian Vihara tampak patung Sidarta Gautama duduk bersila dilingkari lampu dibelakangnya.

Apalagi jika menjelang malam suasana dari bagian altar peribadatan di bagian belakang altar terlihat gemerlap. Menurut Aheng, patung dan hiasan lampu tersebut didatangkan dari Myanmar. Dibagian depan vihara tampak dari sisi kiri dan kanan dekat tangga terdapat gendang yang disebut KU dan lonceng yang disebut CENG, KU digunakan untuk memanggil dewa dan Ceng digunakan untuk memanggil umat, dan disana juga tinggal seorang Suhu yang didatangkan dari Singapura, namun beliau tidak dapat berkomuniksi dengan bahasa Indonesia.

Beliau hanya berkomunikasi dengan bahasa China atau bahasa Inggris. Kompleks vihara tersebut ada dibawah yayasan Samudra Dharma Mantaro diketuai oleh bapak Hartono Aheng yang berdiri diatas tanah seluas 2,1 hektar. Kelebihan dari vihara Pekong juga memiliki sumur yang tidak pernah kering walaupun dimusim kemarau dan juga berada di lingkungan yang tenang serta pemandangan yang dapat melihat pemandangan matahari tenggelam.

 

Next Prev
dscn5716-1 
dscn5712 
dscn5717 
Next Prev
Baca Juga  Menikmati Segarnya Alam di Air Terjun Pongkar

About admin

Lihat Juga

Provinsi Kepri Ditargetkan Menjual 500 Paket Wisata

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Provinsi Kepulauan Riau ditargetkan menjual 500 ribu paket wisata dalam program hot deal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *