Home / Serba-Serbi / Upacara Peringatan HUT TNI ke 72, TNI Berjuang Bersama Rakyat
Inspektur upacara HUT TNI ke 72 kota Batam, Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan usai jumpa pers, kamis (5/10/17)

Upacara Peringatan HUT TNI ke 72, TNI Berjuang Bersama Rakyat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – 5 Oktober 1945 merupakan hari terbentuknya Tentara Nasional Indonesia (TNI) Republik Indonesia, dan di peringatan dirgahayunya yang ke 72, digelar upacara peringatan TNI RI untuk wilayah batam bertempat di alun alun Engku Putri Batam centre, kamis (5/10/17).

Hadir walikota Batam H. Muhammad Rudi, SE, MM, wakil walikota Batam, Amsakar Achmad, S. Sos, perwakilan walikota tanjung pinang, bintan, karimun dan sejumlah OPD, para anggota DPRD kota Batam dan propinsi Kepri, juga para veteran perang kota Batam, dan dari pihak TNI, bertindak sebagai inspektur upacara Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan, cadangan inspektur upacara DANLANUD Tanjung Pinang Kolonel PNB Wahyu Anggono, Komandan upacara Mayor Laut (PM) Taufan, Komandan devile Mayor Infantri Heraldo Tabasonda, pasukan upacara yang terdiri dari kompi 1 Gabungan TNI/Polri, meliputi 1 peleton Pamen gabungan, 1 peleton Pama gabungan, 1 peleton gabungan POM TNI, pasukan upacara 1 bersenjata, Yon 1 : TNI AD 1 SSY Yonif RK 136 TS, 3SSK Yonif Raider Khusus 136TS. Yon 2 : TNI AL 1 SSY, 2 SSK Lantamal IV, 1 SSK Yon Marhanlan IV. Yon 3: TNI dan Polri. 1 SSY terdiri dari 1 SST TNI Lanal Batam, 2 SST TNI AU dan 2 SSK Polri (Polda, Polresta dan BRIMOB). Yon 4 tanpa senjata kompi 1 Terdiri dari 1 SST SATPOL PP, 1 SST Asarnas dan Damkar, 1 SST Dishub dan Imigrasi, Kompi 2, 1 SST FKPPI, 1 SST PPM, 1 SST MENWA, Kompi 3, 2 SST SMA dan 1SST pramuka.

Sebelum upacara dimulai, Dwika melakukan penyisiran para pasukan anggota upacara. Dilanjutkan dengan sambutan yakni pembacaan pesan dari Panglima TNI RI. Adapun dalam pembacaan sambutan dari Panglima TNI RI yang dibacakan oleh Dwika menyebutkan bahwa TNI ada dari dan untuk rakyat, dan TNI berjuang bersama rakyat. Usai sambutan, dilakukan penyematan satya lencana kesetiaan 8, 16, dan 24 tahun kepada 3 anggota TNI oleh Dwika.

Baca Juga  “Sinergi” Dualisme Pemerintahan Batam

Selain upacara parade dan devile, peringatan HUT TNI tersebut juga dimeriahkan demo sosiodrama mengangkat judul Gerilya Laut Sultan Mahmud Riayat Syah dilanjutkan kolone senapan dari Yonmarhanlan 10 dan beladiri militer gabungan dari Yonmarhanlan 10 dan Yonif Raider 136 TS. Tak ketinggalan pula peragaan aero modeling pesawat dan helikopter mini dari klub aero modeling Batam.

Usai upacara, kepada pers, Dwika mengatakan bahwa sesuai arahan dari panglima TNI lah peringatan HUT TNI ke 72 tersebut digelar upacara yang untuk wilayah Kepri dipusatkan di Batam. Dikatakannya selain upacara, TNI juga memperingati dirgahayunya tersebut dengan kegiatan bakti sosial, donor darah, lomba, dan kegiatan lain yang berkaitan langsung dengan masyarakat sesuai tema HUT tahun ini yaitu bersama rakyat, TNI kuat. Lanjut Dwika, TNI selalu di depan, terkait dengan keamanan negara, TNI akan senantiasa meningkatkan personalisme dan peralatan sesuai dengan amanat panglima, mengembangkan alusista menuju kepada yang modern, dan menjadi kebanggaan masyarakat indonesia. (dianHP)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *