Home / Serba-Serbi / Pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Batam Dipimpin Dandim 0316

Pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Batam Dipimpin Dandim 0316

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Upacara Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kota Batam digelar di lapangan Markas Kodim 0316/Batam, Minggu (1/10). Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0316/Batam, Letkol Inf Dwi Sasongko.

Pada upacara tersebut, peserta membacakan ikrar yang isinya tentang kebulatan tekad bersama untuk mempertahankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Adapun isi lengkap ikrarnya sebagai berikut.

Ikrar Kami

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa

Kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh, tegak Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Malam sebelumnya di lokasi yang sama juga digelar acara nonton bareng film G30S/PKI. Acara nonton bersama ini dihadiri ratusan warga yang berasal dari berbagai wilayah Kota Batam, seperti Kecamatan Batuampar, Bengkong, Lubukbaja, dan Sekupang.

Walikota Batam, Muhammad Rudi yang hadir di kedua acara tersebut mengatakan pemutaran film ini bagus untuk mengingatkan kembali sejarah.

“Tadi malam saya hadir di sini. Sudah lama sekali saya tidak nonton film ini. Dengan pemutaran film G30S/PKI ini bisa mengingatkan kita kembali tentang sejarah. Yang bagus, jadi tauladan kita ke depan. Kejadian tak bagus, jadi pengalaman. Tak boleh terjadi lagi di masa sekarang,” ujarnya di Makodim usai upacara.

Di lain kesempatan, Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Dwi Sasongko mengatakan pemutaran film di Makodim merupakan puncak dari rangkaian yang sudah dimulai sejak tanggal 20 September lalu di Koramil. Sedikitnya 33 titik di Kota Batam yang melaksanakan acara nonton bareng film G30S/PKI. Dan jumlahnya bisa lebih banyak karena ternyata animo masyarakat cukup tinggi. (kartika/mcb)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *