Home / Serba-Serbi / Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Dirgahayu Republik Indonesia ke 72 Tingkat Kota Batam 2017
Penyerahan sang saka merah putih dari inspektur upacara walikota Batam Muhammad Rudi kepada paskibra kota Batam untuk dikibarkan di upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan HUT RI ke 72 kota Batam.

Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Dirgahayu Republik Indonesia ke 72 Tingkat Kota Batam 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Memperingati Dirgahayu kemerdekaan RI ke 72, pemerintah kota Batam beserta seluruh jajarannya, gelar upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan, kamis (17/8/17) di alun-alun engku putri Batam Centre.

Hadir walikota Batam, Muhammad Rudi, SE, MM yang bertindak sebagai inspektur upacara, wakil walikota Batam Amsakar Achmad, S. Sos, M. Si, mantan gubernur kepri Ahmad Dahlan, kepala MUI kota Batam, DPRD kota Batam, pejabat eselon, anggota veteran perang kota Batam, TNI, satpol PP, PNS, serta pelajar.

Rudi selaku inspektur upacara.

Sebelum upacara, dilakukan penyerahan bendera sang saka Merah Putih kepada pihak pimpinan upacara, kemudian gelaran operet perjuangan Raja Ali Fisabilillah. Upacara dimulai dengan pembacaan naskah proklamasi oleh ketua DPRD kota batam Nuryanto, penyerahan sang saka Merah putih dari pihak inspektur upacara, Muhamad Rudi kepada pembawa bendera paskibra kota Batam Esther Tjundawan. Diteruskan dengan pengibaran bendera, dilanjutkan dengan berbagai atraksi dari beberapa instansi, seperti paduan suara PGRI Kota Batam atraksi bersenjata marinir kodim 0316/kota Batam, dan pencak silat SH Terate.

Di akhir acara, dimeriahkan dengan joget bersama senam Maumere, segenap peserta upacara bahkan Rudi dan jajarannya ikut turun melantai. Usai acara, kepada media, Rudi menyerukan banyak hal, terutama himbauan agar di peringatan kemerdekaan indonesia tahun ini menjadi pemersatu seluruh masyarakat Batam, pembangunan manusia dan fisik kota Batam bisa mengalami peningkatan signifikan.

Pengibaran bendera.

“Kita sudah tekat dengan forum kores pimpinan daerah bahwa Batam kedepan harus berubah lebih baik dari yang sudah ada sekarang ini, untuk masyarakat mari bersatu padu, Indonesia adalah saya, saya adalah Indonesia, saya adalah orang Bbatam dan Batam adalah saya, artinya saya minta semua bersatu padu, tak perlu lagi mencari kesalahan satu sama lain, tak ada yang sempurna, namun bila saling melengkapi, maka sempurnalah segalanya,” kata Rudi.

Makna kemerdekaan sendiri lanjut Rudi adalah bagaimana mengisi kemerdekaan ini betul-betul dengan hal yang bermanfaat untuk kepentingan kota Batam dan Indonesia secara keseluruhan. Menyikapi kelesuan perekonomian di Batam, dengan lugas Rudi menjawab badai pasti berlalu, dalam artian bagaimana usaha bersama agar badai kelesuan ekonomi itu cepat berlalu, tidak hanya menunggu sehingga kelesuan ekonomi cepat pulih.

Tak lupa Rudi menyentil tentang demo para dokter beberapa waktu lalu, bahwa sebenarnya pemerintah kota tak ada arah untuk tidak memberikan jasa medik mereka.

“Bahwa jasa medik mereka itu bisa didapat dari umum maupun BPJS, bahwa sebetulnya ternyata dari pihak BPJS yang belum melakukan setoran ke kita sebesar Rp. 20 M. Kalau mereka belum menyetorkan, kita tak bisa memberikan uang kas lain untuk membayarkan jasa medik mereka. Kita tidak boleh mendahului dari uang APBD itu sendiri. Sudah kita surati mengenai hal ini, prosesnya perlu waktu, mereka harus verifikasi, kan tidak semua yang diajukan dianggap mereka bisa diklaim, ada persyaratan yang mungkin belum lengkap sehingga tidak cair. Bukan pemerintah punya hutang, tapi dari BPJS belum melakukan setoran sehingga kita ada hutang kepada mereka para dokter anggap lah 7 M, bila dari BPJS sudah melakukan pemasukan anggaran ke kas daerah, maka selesailah masalah,” pungkas Rudi.

Peringatan kemerdekaan RI ditutup dengan penurunan bendera merah putih di sore harinya pukul 16.00. (dian)

Rangkaian prosesi upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan HUT RI ke 72 kota Batam dan rangkaian atraksi serta foto bersama usai upacara.
Rangkaian prosesi upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan HUT RI ke 72 kota Batam dan rangkaian atraksi serta foto bersama usai upacara.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Pemkab Bintan Menargetkan Seluruh Desa Memiliki BU di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau menargetkan seluruh desa memiliki Badan Usaha Milik Desa pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *