Home / Daerah / Batam / Uji Kompetensi Keahlian SMK, Nurul Jadid Menggunakan BNSP LSP

Uji Kompetensi Keahlian SMK, Nurul Jadid Menggunakan BNSP LSP

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK nasional merupakan uji kompetensi yang khusus diberikan kepada siswa SMK dari perusahaan untuk keahlian yang diambil. Biasa dilakukan berbarengan ataupun setelah UN dan USBN dilaksanakan.

Dari pantauan Hangtuah Pos di SMK Nurul Jadid Batam, UKK ada yang dilakukan usai UN dan USBN yakni untuk keahlian akuntansi. Dari keterangan yang dihimpun, peserta UKK keperawatan sebanyak 24 orang, farmasi 27 orang, dan akuntansi 18 orang. Untuk akuntansi, UKK berlangsung 3 hari, selasa hingga kamis, 10-12 April 2018.

Sedangkan untuk keperawatan dan farmasi sudah diberikan 14-16 Maret 2018 lalu, sebelum UN dan USBN. Wisuda akan dilakukan 3 Mei mendatang. Menurut keterangan Tia, salah satu guru SMK Nurul Jadid, ujian praktek pun dilakukan saat UKK itu juga secara bergantian. Soal dan asesor UKK Farmasi dan keperawatan dari BNSP LSP solo, sedangkan untuk akuntansi, LSP dari SMK Kartini Batam.

Riska selaku panitia pelaksana UKK SMK Nurul Jadid menjelaskan bahwa khusus SMK Nurul Jadid, mereka telah melakukan uji sertifikasi keahlian (USK) berasal dari LSP BNSP sehingga berlaku Nasional.

“Kalau UKK saja beda, kalau UKK berlaku regional dan bukan dari LSP BNSP tapi dari perusahaan, sedangkan kami sudah melakukan USK sehingga bersifat nasional. Kalau masalah jadwal bisa berbeda atau gabung dengan semua jurusan yang ada di SMK kami, semua itu tergantung LSP, apakah kami mendaftar bersamaan atau tidak, Atau sama LSP nya atau tidak. Untuk kesehatan kami dari Jawa, karena di Batam belum ada yang sesuai standar, kalau untuk akuntansi sendiri LSP di Batam ada yaitu LSP SMK kartini, “terang Riska. (dianHP)

 

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kesenian Berbagai Daerah Warnai Sosialisasi Pemilu 2019

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Beragam kesenian ditampilkan dalam acara Pagelaran Seni dan Budaya dalam Rangka Menyambut Satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *