Home / Internasional / Pidato Trump Membuat Dolar Amerika Melemah

Pidato Trump Membuat Dolar Amerika Melemah

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah berpidato saat pertama kalinya kamis, 12 Januari 2017. Tidak seperti yang diperkirakan sebelumnya, dalam pidatonya tersebut Donald Trump tidak membicarakan tentang kebijakan ekonomi yang akan dilakukannya.

Josua Pardede – Kepala Ekonomi PT Bank Permata Tbk – mengungkapkan bahwa pidato dari Donald Trump diluar ekspektasi banyak pihak. Sehingga mengakibatkan nilai dolar melemah terhadap banyak mata uang negara lain, termasuk terhadap rupiah. Akibat pidato Trump, nilai tukar dolar AS terhadap yen turun. Dolar turun ke 114,245 yen, yang merupakan tingkat terendah sejak 9 November 2016 lalu. Sedangkan untuk rupiah, tercatat pada pagi ini nilai dollar melemah menjadi Rp 13.285 dari posisi kemarin sore di angka Rp 13.328.

“Kalau kita lihat, sebenarnya kemarin atau pun hari ini justru rupiah kita menguat. Tadi pagi sempat di Rp 13.250. Itu karena speech Donald Trump di luar ekspektasi, yang diharapkan dia bisa ngomongin kebijakan ekonomi, tapi dia malah ngomongin Rusia. Jadi masalahnya ini di luar ekspektasi pasar,” kata Josua di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/1/2016).

Selanjutnya Josua Pardede juga mengatakan bahwa yang paling ditunggu saat ini ialah pidato Donald Trump saat resmi dilantik menjadi presiden pada tanggal 20 Januari nanti. Karena yang akan dikatakannya nanti dapat mempengaruhi kondisi pasar global.

“Apakah dia benar-benar ngomongin tentang proteksionisnya dan juga policy ekonominya, ataupun terkait kebijakan kebijakan perdagangan internasional” kata dia.

“Jadi misalkan dia (Trump) benar-benar membatasi produk-produk dari Tiongkok, Meksiko pastinya volume perdagangan global akan turun, lalu mempengaruhi outlook ekonomi global,” paparnya. (dtk/sw)

Baca Juga  Presiden Trump dan Putin Terlibat Perang Kata-Kata

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Jokowi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia

HANGTUAHNEWS.CO.ID, – Presiden Joko Widodo mengundang Pemimpin Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus, untuk berkunjung ke Indonesia. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *