Home / Politik / Terkait Cawagub Kepri, DPRD Kepri Akhirnya Sepakat Konsultasi ke Kemendagri
Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak saat rapat bersama para pimpinan DPRD dan ketua fraksi membahas posisi wakil gubernur yang masih kosong, Kamis (27/4/2017).

Terkait Cawagub Kepri, DPRD Kepri Akhirnya Sepakat Konsultasi ke Kemendagri

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Wakil Ketua DPRD Huznizar Hood mempertanyakan apakah berkas yang diserahkan kepada gubernur Kepri adalah berkas yang sama yang diterima DPRD Kepri.

“Kebetulan, sayalah yang mengantarkan berkasnya ke gubernur. Apakah berkas yang ketua terima sama dengan yang saya antar,” kata Husnizar.

Jumaga langsung menegaskan berkas yang diterimanya masih kurang.

“Surat dukungan partai dan pengunduran diri yang belum ada,” kata Jumaga.

Jumaga dan Huznizar memang pernah terlibat beda pendapat seputar pengajuan kedua nama calon itu. Jumaga pernah mengatakan berkas kedua calon masih belum lengkap dan karena itu pimpinan dewan meminta kelengkapan berkas itu kepada Gubernur Kepri.

Namun, Huznizar Hood mengaku Ketua DPRD Kepri menerima dan menolak sendiri berkas pengajuan itu tanpa berkoordinasi dengan unsur pimpinan lainnya. Ketika ditanya soal hubungannya dengan Huznizar, Jumaga naik pitam dan memarahi wartawan yang bertanya.

“Sebagai kawan, jangan Anda bertanya seperti itu,” hardik Jumaga.

Ketua DPRD Kepri itu sempat meluruskan apa yang memicu beda pendapatnya dengan Huznisar. Dia mengaku tidak bisa mengontrol kesamaan berkas yang diajukan partai politik pengusung kepada gubernur dan berkas yang diajukan gubernur kepada DPRD. Sebab, dia sendiri tidak mendapat tembusan lampiran berkas tersebut.

“Yang jelas kedua namanya tetap sama, Isdianto dan Agus Wibowo. Tidak ada nama lain,” tegas Jumaga.

Dia kemudian mengurutkan kronologi pengajuan berkas kedua calon. Pertama-tama, gubernur mengajukan lima nama, namun ketua DPRD meminta agar hanya dua nama sajalah yang diajukan. Gubernur kemudian mengajukan dua nama tetapi berkas keduanya belum lengkap. Karena itu, Jumaga berencana meminta kelengkapan berkas kedua calon.

Namun, sebelum surat permintaan kelengkapan berkas itu dilayangkan, ada usulan untuk membahas hal ini antara unsur pimpinan dan ketua-ketua fraksi.

Baca Juga  Pengamat: Wajar Demokrat Dominan Tentukan Cawagub Kepri

“Tidak semua hal harus saya koordinasikan dengan para wakil. Tunggu semuanya lengkap baru saya sajikan kepada para wakil dan anggota,” jelas Jumaga.

Langkah Jumaga ini sudah tentu beralasan. Dia mengatakan harus meminta kelengkapan berkas pencalonan sebelum mekanisme pemilihan berjalan agar tidak terjadi diskualifikasi terhadap para calon.

“Kalau mekanisme sudah berjalan dan berkas calon belum lengkap maka bisa terjadi diskualifikasi. Inilah yang hendak kita hindari,” kata Jumaga.

Namun, rapat antar unsur pimpinan dan para ketua fraksi menyepakati agar ketua dan wakil dewan dan para ketua fraksi berkonsultasi dengan Kemendagri RI.

“Besok kami akan berkonsultasi dengan Pak Mendagri,” kata ketua DPRD Kepri itu dengan tegas. (tr)

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *