Home / Pendidikan / Tak Masalah UN 2016 Digelar Tiga Tahap

Tak Masalah UN 2016 Digelar Tiga Tahap

HANGTUAHNEWS.CO.ID, BATAM – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Drs H Muslim Bidin, menyambut baik rencana  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menyelenggarakan ujian nasional (UN) tahun 2016 digelar dalam tiga tahap. Malah Muslim mengaku tak masalah, karena siswa akan lebih siap menghadapi UN bila mana dilakukan berkali-kali.

“Lebih baik seperti itu, jadi siswa benar-benar dapat mempersiapkan diri tidak berleha-leha dan menyepelekan UN lagi,” ujar Muslim, beberapa hari lalu saat diminta komentarnya terkait kebijakan Kemdikbud yang berencana menggelar UN 2015 digelar tiga kali.

Menurut Muslim, bahwa setiap tahun Batam selalu siap menghadapi UN. Begitu pula dengan UN online untuk tahun depan, dilihat  secara infrastruktur maupun siswa, serta staf guru di sekolah telah siap untuk mengikuti studi kelayakan untuk pelaksanaan UN secara online di tahun 2016 mendatang. Begitu pula untuk kesiapan psikologis siswa dalam melaksanakn UN online, kata Muslim, pihak sekolah telah menerapkan proses pembiasan siswa, dan bukan saja untuk kelas yang akan mengikuti UN online saja, melainkan seluruh siswa baik itu siswa kelas 1, II, maupun kelas III. Terutama pada sekolah unggulan.

Dinilai Muslim bahwa UN online ini merupakan sesuatu yang sangat baik dan positif, karena melatih para siswa mandiri dan percaya diri, jujur, bekerja keras untuk mencapai nilai yang baik. Malah dengan UN online  diharapkan Muslim indeks integritasnya siswa lebih baik, karena dari hasil usaha dirinya sendiri.

“Tujuan pemerintah mengadakan UN ini kan untuk mengetahui capaian belajar seorang siswa, serta UN ini digunakan untuk mengembangkan potensi dan evaluasi siswa. UN bukan sebagai sesuatu yang sakral atau menakutkan, melainkan sebagai sesuatu yang positif oleh pemerintah dijadikan  pemetaan mutu program dan satuan pendidikan dasar, dan seleksi masuk ke jenjang pendidikan berikutnya, serta pembinaan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan,” jelas Muslim panjang lebar.

Baca Juga  Ujian Nasional Perbaikan Digabung dengan UN Susulan

Sementara Kemdikbud sendiri berencana menyelenggarakan UN sebanyak tiga kali pada 2016 yakni pada 22 Februari, 4 April dan Juni hingga September. “UN untuk tanggal 22 Februari untuk peserta UN 2015 yang belum memenuhi standar kompetensi lulus pada satuan mata pelajaran dan berkeinginan mengulang,” jelas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Totok Supriyanto, di Jakarta, belum lama ini.

Selanjutnya, pada 4 April diselenggarakan UN utama yakni UN bagi peserta SMA/SMK yang akan lulus pada 2016. Kemudian UN perbaikan dilakukan pada Juni-September 2016. UN perbaikan ditujukan bagi peserta yang tidak memenuhi standar kompetensi lulus pada satuan mata pelajaran. Dia menambahkan pendaftaran UN akan dilakukan secara daring oleh kepala dinas pendidikan di seluruh Tanah Air. “Pelaksanaannya akan akan berbasis cetak dan berbasis komputer,”jelas dia.

Adapun kisi-kisi soal UN adalah irisan dari kurikulum KTSP 2006 dan kurikulum 2013. Kisi-kisi yang dikeluarkan Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) bersifat makro, sesuai dengan ketuntasan kurikulum.Pelaksanaan UN 2016 sama dengan UN 2015 yakni tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Sementara, ujian perbaikan juga tidak wajib, jadi pesertanya bisa sedikit. “Oleh karena itu pelaksanaannya bukan oleh masing-masing sekolah, tapi rayon,” kata dia.

About admin

Lihat Juga

Seleksi Terbuka Untuk Persiapan Calon Kadisdik Kota Batam Baru

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Per akhir april 2018, kadisdik kota Batam Muslim Bidin pensiun. Hingga pertengahan april …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *