Home / Pendidikan / Tahun Ini 50 Persen SMP di Kota Batam Menggelar UNBK
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin

Tahun Ini 50 Persen SMP di Kota Batam Menggelar UNBK

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dipastikan untuk tahun 2018 ini sudah hampir 50 persen Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Batam menjalankan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan, saat ini ada 116 SMP negeri dan swasta di Kota Batam. Dan yang melaksanakan UNBK sebanyak 55 sekolah.

“Tujuh di antaranya itu sekolah negeri. SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 6, SMPN 11, SMPN 12, dan SMPN 26. Tapi SMPN 2 masih menumpang di sekolah lain, di SMAN 2. Sedangkan yang lain mandiri,” papar Muslim di Sekupang, Rabu (7/2).

Jumlah pelaksana UNBK ini meningkat dari tahun sebelumnya, yang hanya diikuti 30-an sekolah. Tak hanya dari segi jumlah, peningkatan juga terjadi di sisi pelaksana mandiri. Seperti SMPN 3 yang sebelumnya menumpang di SMAN 1 dan SMPN 11 yang menumpang di SMKN 1, tahun ini sudah melaksanakan UNBK di sekolah masing-masing.

Muslim mengatakan belum semua sekolah melaksanakan UNBK karena terkendala infrastruktur jaringan internet dan ketersediaan komputer. Karena syarat untuk melaksanakan UNBK mandiri adalah ketersediaan peralatan sebanyak minimal 30 persen dari jumlah siswa. Pemerintah pusat, kata Muslim, menargetkan minimal 75 persen sekolah sudah menerapkan UNBK pada 2019 mendatang. Dan tentunya Batam juga akan berupaya untuk memenuhi target pusat tersebut.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Batam, Hernowo menyebutkan tahun ini terdapat 15.380 siswa SMP/MTs yang akan mengikuti UN.

“Untuk sekolah yang melaksanaan UNBK akan mengikuti simulasi pada 14-15 Februari ini. Di simulasi ni siswa akan diberikan tata cara pengerjaan soal UNBK dengan baik dan benar,” kata Hernowo. (mcb)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Mahasiswa KKN-PPM UGM Mengangkat Potensi Penyengat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 25 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *