Home / Daerah / Batam / Stok Beras dan Gula di Bulog Batam Aman

Stok Beras dan Gula di Bulog Batam Aman

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Bulog Kota Batam memastikan bahwa stok beras dan gula yang ada di gudang samapai dengan saat ini (senin, 4 Desember 2017) masih dalah kondisi aman hingga akhir tahun nanti. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bulog SubDivre Batam, Jamaludin. Bahkan, masih menurut Jamaludin, persediaan beras di gudang bulog Kota Batam sangat mencukupi untuk konsumsi hingga tiga bulan ke depan.

“Stok beras kita 1.600 ton PSO (public service obligation) dan 500 ton stok komersil. Itu tiga bulan masih aman,” kata dia di Batam Centre, Senin (4/12).

Sedangkan untuk persediaan gula di gudang Bulog Kota Batam saat ini sebanyak 1.200 ton. Menurut Jamal, persediaan gula tersebut juga diperkirakan bisa untuk memenuhi kebutuhan gula di Batam hingga tiga bulan kedepan. Mengenai pendistribusiannya ke masyarakat Batam, Bulog menjualnya dengan harga Rp 11.900 per kilogram ke Rumah Pangan Kita (RPK).

Untuk saat ini di Kota Batam telah terdapat 335 RPK. Namun Jamaludin mengakui bahwa tak seluruh RPK tersebut aktif. Hanya sebagian yang aktif dikarenakan permasalahan di permodalan. Penilaian aktif berdasarkan rutinitasnya memesan beras dan gula ke Bulog.

“Makanya rekrutmen tetap jalan. Target kita satu RW satu RPK. Yang aktif setengahnya, karena pakai biaya sendiri soalnya ke Bulog,” kata dia.

Jamal mengatakan lebih banyak RPK lebih baik. Karena RPK merupakan perpanjangan tangan Bulog dalam penyaluran beras dan gula. Harga komoditas yang dijual di RPK diawasi dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Sehingga diharapkan bisa mengontrol harga beras dan gula di tengah masyarakat. (mcb/editor:yudi)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

OJK Menegaskan Investasi Bitcoin Tidak Miliki Izin di Indonesia

“Ada risiko jika bertransaksi dengan bitcoin dan menkominfo sudah membuat ancang-ancang untuk mem-blokirnya” HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *