Home / Pendidikan / Sosialisasi Permendikbud dan Penguatan Pendidikan Karakter
Haryadi saat memberikan pengarahan pada sosialisasi permendikbud

Sosialisasi Permendikbud dan Penguatan Pendidikan Karakter

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Salah satu program presiden RI Jokowi adalah memperkuat pendidikan karakter bangsa, untuk itu beliau membuat Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang akan diterapkan di seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk di dalam dunia pendidikan yang merupakan sarana strategis bagi pembentukan karakter bangsa karena memiliki struktur, sistem dan perangkat yang tersebar di seluruh Indonesia. Melalui sistem pendidikan, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) diharapkan terjadi secara massif, konstektual dan efektif.

Untuk itu, Dinas Pendidikan kota Batam pun tak ketinggalan untuk menggelar Sosialisasi PPK yang tertuang di dalam permendikbud no 20-24 tahun 2016 tentang program peningkatan dan penguatan pendidikan karakter untuk tingkat SD dan SMP se-kota Batam, dengan narasumber Erry Utomo, PHd dari pusat kurikulum dan perbukuan Kemdikbud, Fitri Indra,SS, konsultan peningkatan mutu bidang dikdas, Haryadi, SS, SPd, koordinator pengawas sekolah kota Batam, tak ketinggalan Kasi kurikulum kota Batam Drs. Hernowo ikut memberikan penyuluhan dan pengarahan seputar Permendikbud. Acara tersebut berlangsung selama 2 hari rabu (16/11)-kamis (17/11), di Crown Vista Hotel Batam dan diikuti 200 Kepsek SD dan SMP se-kota Batam negeri dan swasta.

Di hari pertama, Haryadi menyampaikan tujuan sosialisasi secara umum yaitu peningkatan kapasitas guru, kepsek dan stakeholder permendikbud nomor 20-24 tahun 2016, untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dasar, prinsip implementasi, dan strategi penguatan pendidikan karakter di sekolah.

“Bila ada pengawas yang dalam pelaksanaan tugasnya keluar jalur, misalnya marah-marah tak jelas, bisa dilaporkan, dan kedepannya semua sekolah dalam hal kurikulum tetap menggunakan kurikulum 2013 jangan kembali ke KTSP, ” ujar Haryadi disela pengarahan.

Dasar hukum permendikbud yang disosialisasikan tersebut antara lain, permendikbud nomor 20 tahun 2016 tentang standar kelulusan, nomor 21 tentang standar isi, nomor 22 tentang standar proses, nomor 23 tentang standar penilaian dan nomer 24 tentang KI dan KD pendidikan dasar dan menengah.

Baca Juga  LPMP Kepri Gelar Workshop Berorientasi Pada Pembentukan Karakter
Rangkaian kegiatan sosialisasi permendikbud
Rangkaian kegiatan sosialisasi permendikbud

Dari pemantauan tim Hangtuah Pos, selama sosialisasi berlangsung peserta mampu mengikuti kegiatan dengan pro aktif, kondusif dan partisipatif. “Dari hasil kegiatan ini, mudah-mudahan peserta mampu memahami konsep dasar, prinsip implementasi dari permendikbud tersebut, strategi penguatan pendidikan karakter, serta mampu merancang dan mengembangkan program pendidikan karakter di sekolahnya masing-masing,” ulas Hernowo usai kegiatan. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *