Home / Peristiwa / Sosialisasi Penanggulangan Penyakit HIV/AIDS, Penderita Meningkat Tahun ke Tahun
Ilustrasi.

Sosialisasi Penanggulangan Penyakit HIV/AIDS, Penderita Meningkat Tahun ke Tahun

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMDKCS) Provinsi Kepulauan Riau melakukan sosialisasi penanggulangan penyakit HIV/AIDS dan pemakai narkoba di Hotel CK kawasan Kilometer 8 Atas, Tanjungpinang, Jumat (16/6/2017).

Sosialisasi bahaya dan pencegahan penularan HIV/AIDS ini melibatkan sejumlah lembaga kemasyarakatan dan tokoh masyarakat Desa dan Kelurahan di Kepulauan Riau.

Kepala DPMDKCS Kepri, Sardison mengungkapkan, secara global penderita penyakit mematikan tersebut semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Ironinya, penderita HIV tak lagi menyerang dewasa, tapi juga sudah mulai menyerang generasi muda dan ibu hamil. Keadaan tersebut, tentunya sangat menjadi kekhawatiran besar bersama. Mengingat, generasi muda memiliki masa depan yang lebih panjang demi terwujudnya pembangunan.

Oleh karena itu, melalui kegiatan itu, Sardison berharap dapat menjadi salah satu upaya Pemprov Kepri dalam menangkal peningkatan penderita HIV/AIDS di Kepri.

“Yang paling penting dalam menangkal terjangkitnya virus itu adalah bentengi diri dari perilaku-prilaku negatif,” ungkap Sardison.

Sementara itu, Koordinator Komsisi Penanggulangan AIDS Kepri, Harmoni mengatakan, pada tahun 2016 lalu jumlah penderita HIV di Kepri sebanyak 1.031 jiwa. Dengan rincian yang sudah dalam tahap AIDS berjumlah 402 jiwa, dan korban meninggal sebanyak 214.

“Kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2015) memang mengalami peningkatan. Tapi, tidak banyak. Total penderita tahun 2015 yakni 2.038 jiwa,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya senantiasa berupaya menekan angka tersebut. Berbagai upaya terus dilakukan. Mulai dari kampanye bahaya HIV/AIDS serta sosialisasi pencegahannya kepada kaum yang rentan terjangkit virus tersebut. (bt)

About admin

Lihat Juga

Muslim Batam Jemput Ramadhan dengan Mengaji Massal

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Forum Silaturahmi Dewan Kemakmuran Masjid (Forsil DKM) mengadakan Batam Mengaji, Menjemput Ramadhan. Kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *