Home / EkBis / Sosialisasi LKPM Online di Karimun

Sosialisasi LKPM Online di Karimun

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Karimun – Hari rabu 9 november 2016, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis tentang pengisian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dalam sistem online kepada para pelaku usaha di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Kepala Bidang Evaluasi dan Pengendalian Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu, Risma Rini menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari. Sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 70 perwakilan perusahaan yang telah mengantongi izin prinsip dari BKPM. Dan untuk kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis tersebut dilaksanakan di Hotel Aston Tanjung Balai Karimun, dimulai hari Kamis, 10 Nopember 2016.

Risma Rini juga menyampaikan bahwa narasumber dalam sosialisasi tersebut merupakan pejabat dari BKPM, sedangkan 70 perusahaan yang mengikuti acara tersebut merupakan perusahaan yang berdiri pada 2015 ke bawah. “Untuk perusahaan yang baru berdiri belum kita undang, kegiatan ini khusus untuk perusahaan lama, atau sampai 2015,” katanya.

Sosialisasi dan bimbingan teknis tersebut dinilai penting karena LKPM sistem online baru diberlakukan oleh BKPM tahun 2015 lalu, secara otomatis tidak ada lagi sistem pelaporan manual dalam kegiatan penanaman modal.

Dalam aturannya, setiap perusahaan yang telah mendapatkan izin prinsip, atau memiliki modal sesuai akta pendirian minimal Rp 500 juta, adalah wajib untuk menyampaikan LKPM-nya kepada BKPM di Jakarta secara online melalui situs resmi LKPM  http://spipise.bkpm.go.id, atau melalui laman http://lkpmonline.bkpm.go.id. Penyampaian laporan (LKPM) tersebut dilakukan per triwulan (tiga bulan sekali) untuk perusahaan yang masih dalam tahap konstruksi, dan per semester (enam bulan sekali) untuk yang sudah melakukan tahap produksi.

Dalam kesempatan yang sama, narasumber yang juga Kasubdit Wilayah Riau, Jambi dan Kepri BKPM, Yayat mengatakan, sosialisasi tersebut digelar disebabkan rendahnya jumlah perusahaan yang memanfaatkan layanan online tersebut, terkait pelaporan kegiatan penanaman modal.

Baca Juga  Bupati Karimun Masuk Saber Pungli Kepri

“Untuk Karimun, hanya 4 PMA yang menyampaikan LKPM secara online, dan PMDN tidak sampai 10 perusahaan. Makanya, kami menggelar acara sosialisasi dan bimtek ini, agar perusahaan melaksanakan kewajibannya dan mengetahui tata cara penyampaian LKPM secara online,” katanya. Menurutnya lagi, semenjak diberlakukannya LKPM sistem online pada 2015, maka sistem penyampaian LKPM berupa surat tertulis juga tidak berlaku lagi.

“Setiap perusahaan wajib register pada situs spipise (Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi), dan nantinya kami memberikan ‘username’ dan ‘kata sandi’ untuk akses masuk pada aplikasi pengisian LKPM,” katanya.

Dalam sosialisasi dan bimbingan teknis pengisian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM), perwakilan perusahaan diberikan pembekalan seputar LKPM Online dan disertai dengan simulasi cara mengisi data perusahaan pada aplikasi. Mereka juga mendapat pembekalan tentang aturan penanaman modal dan kewajiban yang harus mereka patuhi. (ny-ntr/sw)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Data Pertumbuhan Ekonomi Kepri Menggembirakan di Triwulan Pertama

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, data pertumbuhan ekonomi Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *