Home / Politik / Soal Wagub, Gubernur Sebut Bukan Hanya Tanggung Jawab Dirinya
Gubernur Kepri - Nurdin Basirun

Soal Wagub, Gubernur Sebut Bukan Hanya Tanggung Jawab Dirinya

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, mengungkapkan bahwa hingga saat ini pihaknya masih berupaya melengkapi dokumen persyaratan berkas dua nama cawagub yang akan diusulkan ke DPRD Kepri.

Terkait tuntutan masyarakat yang mendesak dirinya segera menentukan dan mengusulkan Cawagub itu, Gubernur mengatakan, persoalan tersebut tidak hanya menjadi urusannya sendiri. Melainkan, hasil kesepakatan bersama kelima partai pengusung.

“Soal itu (Wagub-red), sepenuhnya bukan urusan saya sendiri. Ada ketentuan, aturan, kesepakatan. Tidak semuanya menjadi tanggung jawab saya,” tanggap Nurdin, Rabu (19/4/2017).

Ia menambahkan, untuk saat ini dirinya belum bisa memutuskan dengan cepat. Karena, ada beberapa tahapan yang akan dilalui dalam proses pengajuan dua nama Cawagub kepada DPRD Kepri.

“Kita tengok dulu di lapangan bagaimana. Saya tidak bisa memutuskan dengan cepat. Tapi apa yang dituntut oleh masyarakat tetap saya dengarkan,” katanya.

Sebelumnya, pada Senin (17/4/2017) lalu, puluhan aktivis yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Peduli Kepri (AMPK) menyampaikan aspirasinya, mendesak Gubernur dan DPRD Kepri segera mengambil tindakan atas kekosongan jabatan Wagub selama setahun terakhir.

Koordinator AMPK, Raja Indramora mengungkapkan, kekosongan jabatan Wagub selama setahun terakhir ini mengakibatkan tidak efektifnya jalan roda Pemerintahan. Untuk itu, pihaknya mendesak DPRD bersama Gubernur untuk segera melakukan Rapat Paripurna untuk memilih Wagub Kepri.

“Kami melihat lambatnya proses pemilihan Wakil Gubernur ini, karena Ketua DPRD dan Gubernur seperti main kucing-kucingan,” sebutnya.

Ia mencontohkan, kasus yang sama juga dialami di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Namun, Sumut hanya membutuhkan waktu 8 bulan proses pemilihan Wagub dan bisa diselesaikan. Untuk itu, Indra meminta DPRD Kepri agar serius dalam mengurusi permasalahan serta berkoordinasi terkait persyaratan yang harus dipenuhi kedua Cawagub yang sudah direkomendasikan.

“Kami minta Gubernur Kepri dan DPRD agar mempercepat proses pemilihan Wagub ini. Jika tidak, kami akan menurunkan seluruh kekuatan, mengajak masyarakat Kepri turun ke jalan menyuarakan asirasi ini,” kecamnya. (bt)

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *