Home / Pendidikan / SMPN 9 Batam Mewakili Lomba Tingkat V Penggalang di Jakarta
Foto bersama Kontingen Penggalang SMPN 9 Batam yang akan mewakili LT V Penggalang di Cibubur jakarta bersama dengan Wawako Batam Amsakar Achmad, Ketua PGRI kota Batam Rustam Effendi, Dispora Batam Sodikin, Ketua Pembina Kwarcab Batam Hernowo, beserta Pembina Kwarran dan Kwarcab Batam usai pelepasan (Foto : Dian)

SMPN 9 Batam Mewakili Lomba Tingkat V Penggalang di Jakarta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Setelah lolos di 4 lomba tingkat, kontingen Pramuka Penggalang SMP Negeri 9 Batam terpilih mewakili Batam maju ke tingkat nasional. Lomba Tingkat V Penggalang akan dilaksanakan di Cibubur, Jakarta 22 – 28 oktober 2017 yang akan diikuti perwakilan penggalang dari 34 Propinsi di Indonesia.

Adapun pelepasan kontingen penggalang Batam dilakukan oleh Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, S. Sos, M. Si di kantor Walikota Batam, hari jumat (20/10/17). Acara pelepasan tersebut juga dihadiri sekda kota Batam Jefridin Hamid, Pemimpin Pembina Kwarcab Batam Kak Hernowo, Dispora kota Batam Mohamad Sodikin, ketua PGRI kota Batam Rustam Effendi, serta Pembina Kwarran dan Kwarcab Batam. Adapun jumlah peserta kontingen penggalang Batam sebanyak 16 orang, yakni 8 putra dan putri dan kesemuanya adalah siswa SMPN 9 Batam. Pembina yang mendampingi kontingen ke jakarta yaitu Ipisaldi dan Rani , dan juga beberapa dari Kwarda Kepri.

Dalam sambutannya, Amsakar berpesan agar peserta saling membina kekompakan, kedisiplinan, senantiasa mengikuti arahan yang nantinya diberikan oleh pembina pendamping selama kegiatan, dan selama di Cibubur. Peserta bisa membangun komunikasi yang baik dan saling belajar dengan kontingen daerah lain.

“Jaga nama baik Batam, karena Batam harus jadi yang terdepan,” tegas Amsakar.

Selanjutnya pelepasan kontingen dilakukan secara simbolis dengan pemberian dana akomodasi keberangkatan kepada Pembina dan Pimru kontingen SMPN 9 Batam ke Cibubur. Kepada Hangtuah Pos, Ipi Saldi mengatakan, SMPN 9 Batam sebagai perwakilan Kwarcab Batam sudah kali kedua melepas kontingen penggalangnya ke tingkat nasional yaitu tahun 2012 dan 2017, namun di tahun 2012 hanya kontingen putra yang mewakili, sedangkan untuk tahun 2017 ini melepas 2 tim yakni putra dan putri.

“Persiapan perangkat LT V ini antara lain pembinaan dari gugus depan dan kwarcab, yakni tentang materi kepramukaan, fisik, kreatifitas, dan pembinaan tersebut diberikan selama 4 bulan tiap sabtu dan miggu, sedangkan LT nya, LT 1 bulan januari, LT 2 bulan feb, LT 3 bulan mei, dan LT 4 bulan juli” terang Ipi. Ditambahkan Rani, kontingen penggalang SMPN 9 Batam ini merupakan tim penggalang utuh putra putri yang lolos juara pertama dari 4 lomba tingkat penggalang, sehingga mewakili Batam mengikuti lomba tingkat V di jakarta.” terakhir pelaksanaan lomba tingkat IV di Donang Tanjung Pinang 13 – 19 juli lalu dan mereka tim utuh putra putri lolos LT IV meraih juara 1,” papar Rani.

“Peserta nantinya akan menghadapi 45 mata lomba, seperti semaphore, morse, pbb, tali temali, yel, pensi, senam pramuka, bifak, pionering, masakan khas daerah, merakit robot, medsos, reportase, dan masih banyak lagi,” papar Ipi.

Ipi mengatakan, pada tahun 2012 yang lalu mereka berhasil meraih peringkat 23 dari 34 propinsi, harapannya tahun ini bisa meraih 3 besar.(dianHP)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Seleksi Terbuka Untuk Persiapan Calon Kadisdik Kota Batam Baru

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Per akhir april 2018, kadisdik kota Batam Muslim Bidin pensiun. Hingga pertengahan april …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *