Home / Pendidikan / SMPN 9 Batam Meraih Peringkat 7 Besar di LT V Penggalang Nasional
Kontingen penggalang SMPN 9 Batam ketika berfoto dengan ketua kwarnas Adhyaksa dault di LT 5 Penggalang nasional di Cibubur jakarta oktober lalu (Foto:Dian)

SMPN 9 Batam Meraih Peringkat 7 Besar di LT V Penggalang Nasional

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Lomba Tingkat (LT) V Penggalang Nasional yang dilaksanakan di Cibubur, Jakarta pada tanggal 22-28 Oktober 2017 lalu membawa SMPN 9 Batam merraih peringkat 7 besar dari 33 Propinsi se-Indonesia. Tentu saja hal itu membawa angin segar semangat kedepannya untuk lebih baik lagi.

Dikonfirmasikan kepada Ipisaldi, selaku pembina pendamping kontingen penggalang SMPN 9 Batam, jumat (3/11/17) bahwa mereka sampai di Cibubur 2 hari sebelum lomba dibuka yakni tanggal 20 Oktober. Diawali dengan penyerahan kontingen dari pembina pendamping ke pendamping pasukan (yang mana dalam satu pasukan terdiri dari 4 regu). Di kesempatan yang sama, Purisnawati (wapimru tim putri) dan Iqbal Julio Pratama (Pinru Tim Putra) menambahkan bahwa pada masing-masing mata lomba tingkat tersebut terdapat 10 soal antara lain menjelajah budaya, yakni mengunjungi musium nasional Jakarta, Masjid Istiqlal, Monas, Gedung Kwarnas, Gereja Katedral, dan Istana Merdeka Jakarta di hari pertama, minggu (22/10/17).

Kemudian hari kedua, senin (23/10/17), diisi upacara pembukaan, yang dipimpin langsung ketua Kwarnas Adhyaksa Dault, dilanjutkan dengan permainan persaudaraan, antara lain semboyan dan isyarat semaphore (sandi morse) yang di lakukan secara praktek dan kontingen penggalang SMPN 9 Batam mendapat nilai tertinggi, kemudian menaksir, pionering, PBB ceria dan yel-yel juga dilakukan secara praktek, diakhiri dengan cerita kemah.

Hari ketiga, selasa (24/10/17), ekspedisi penjelajahan rimba kebun raya Bogor cibodas, dilanjut pemberian ujian tertulis antara lain teori survival, praktek bifak dan masak rimba. Mereka menginap semalam, hingga masuk hari ke 4 jelajah istana di istana cipanas, dan kembali perkemahan.

Di hari ke 4, Iqbal menceritakan malamnya mereka melakukan cerita unggun hingga hari ke 6 di pasukan masing-masing, dimana cerita tentang pengalaman selama kegiatan. Hari ke 5 kegiatan senam, lomba membuat obat tradisional, merakit robot (dari plastik) dan medsos (membuat blog tim), reportase, melukis, debat kenegaraan, pidato, hastakarya, serta pensi. Di hari ke 6 kegiatan halang rintang, panjat tebing, renang, panahan, P3K, forum penggalang. Di hari ke 7 kegiatan karnaval budaya, festival kuliner nusantara, ditutup pelepasan dari dampas (pendamping pasukan) ke pembina pendamping, upacara penutupan sekaligus pengumuman pemenang.

Ditanya ujian tersulit, Iqbal mengatakan merakit robot. “juga untuk LT 5 ini lebih banyak menggunakan teknologi, beda dengan yang 5 tahun secara manual yang diikuti senior kami, persaudaraan dan kemandirian lebih terasa, yang kami dapat ilmunya, terutama dari tim lain dari beda propinsi, yakni pengetahuan tentang tradisi budaya dari masing-masing daerah, “papar Iqbal. Ia mengaku sangat senang mendapat pengalaman bisa mengikuti LT5 tersebut, apalagi sampai raih 7 besar se indonesia. Yang akan dilakukan kepada generasi selanjutnya, Iqbal berkata ia dan rekan-rekannya akan mengajarkan ilmu baru kepada adik kelas (dalam hal tehnik pionering, tali temali dari propinsi lain, menaksir), membentuk kedisiplinan, kekompakan, tata krama, kepemimpinan, dan teknis realita selama di lapangan.

Ia berjanji akan terus aktif dalam pramuka, seperti semboyannya pramuka sampai mati. Pembina pendamping penggalang SMPN 9 Batam rekan ipi, Rani mengakui semangat anak-anak tahun ini lebih tinggi, karena regu yang maju hingga ke tingkat nasional merupakan regu utuh putra putri SMPN 9 Batam. Ia berharap, generasi selanjutnya lebih baik lagi, bersemangat, mewarisi semangat dari seniornya dan bisa raih juara 1 mewakili kepri.

Terakhir, harapan kepsek SMPN 9 Batam , Drs. Eny Mutiyastuti, M.Si, adalah kedepannya tim penggalang SMPN 9 Batam bisa masuk 3 besar mewakili kepri. (dianHP)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *