Home / Daerah / Batam / SMPN 6 Batam Melaksanakan PAS Online di PSG SD dan SMP
Suasana Penilaian Akhir Semester (PAS) SD dan SMP (Foto:DianHT)

SMPN 6 Batam Melaksanakan PAS Online di PSG SD dan SMP

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Berdasarkan edaran disdik kota Batam, penilaian semester ganjil (PAS) untuk SD dan SMP serempak dilaksanakan hari senin (4/12/17) hingga sabtu (9/12/17). Namun ternyata dari pantauan di lapangan, ada sekolah SMP yang melaksanakannya sebelum tanggal 4 desember.Adapun di SDN 005 Sei beduk, pelaksanaan PAS dimulai senin (4/12/17) diikuti 1.136 orang siswa dari kelas 1-6. Untuk siswa kelas 6 nya saja tahun ini berjumlah 230 orang. Menurut keterangan kepsek SDN 005 Sei Beduk, Kartawinata, menjelaskan soal PAS SD di buat melalui K3S dengan melibatkan guru kelas 4, 5 dan 6, ” untuk soal kelas 1, 2 dn 3 di buat di sekolah masing-masing,” terang Karta.Setelah itu, lanjut Karta, soal di perbanyak melalui K3S dan soal yang berupa fotokopi di antar ke K3S untuk di ambil masing-masing sekolah.

“Soal yang sudah di gunakan di smpan di sekolah, dan penilaiannya dilakukan masing-masing sekolah.

Pengolahan nilai dilakukan mulai tanggal 5 s/d 15 desember, pembagian rapor tanggal 16 desember 2017, dan libur semester tanggal 18 desember hingga 30 desember 2017. Hari pertama masuk sekolah semester genap tanggal 2 januari 2018,, “jelas Karta.

Untuk SMPN 4 Batam, pelaksanaan PAS juga dimulai 4 desember 2017. Adapun jumlah siswa kelas 7 hingga 9 berjumlah 1. 158 orang.” Untuk kelas 9 masuk pagi terbagi dalam 19 kelas, sedangkan kelas 7 dan 8 masuk pukul 11.30 dengan jumlah 20 kelas,” urai Desmizar, kepsek SMPN 4 Batam.

Suasana PAS di SMPN 6 Batam yang menggunakan sistem online. (Foto:Dian HT)

Sedangkan yang berbeda adalah SMPN 6 Batam, yang melaksanakan PAS mulai hari selasa (28/11/17) hingga jumat (8/12/17). Dan sekolah melaksanakan PAS dengan sistem online. Kepsek SMPN 6 Batam, Wagiyem menerangkan bahwa sekolah mengambil kebijakan memulai PAS lebih awal, dengan pertimbangan ada libur di hari jumat (1/12/17) lalu dan berlaku online.

“Memang pelaksanaan PAS tidak serentak sesuai jadwal karena kami memakai sistem online jadi sesuai sesi masing-masing. Jumlah siswa kita seluruhnya 998 siswa. Adapun ujian terbagi dalam 4 sesi dalam per harinya, dan terbagi menjadi 12 ruangan, 4 sesi 2 grade. Kita sudah mulai tanggal 28 November dan berakhir 8 Desember,” terang Wagiyem.

Ia juga menambahkan bahwa ujian semester SMPN 6 tersebut yang berlaku online, siswa ada yang membawa laptop sendiri, disamping jumlah komputer yang dimiliki sekolah sebanyak hanya 80 unit saja.

“Online sangat memudahkan kami, sebab di soal tersebut, penilaian tersistem dari server, jadi tak merepotkan guru lagi untuk menilai dan tidak ada rekayasa. Dan keuntungan lain kita hemat kertas, jadi menggunakan fasilitas internet saja,” tutup Wagiyem. (dianHP)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Galeri Rumah Kreatif Batam Diresmikan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi meresmikan Galeri Rumah Kreatif Batam, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *