Home / Daerah / Batam / SMPN 34 Meraih Piala Bergilir Walikota Batam di Nongsa Open Marching Band Championship 2017

SMPN 34 Meraih Piala Bergilir Walikota Batam di Nongsa Open Marching Band Championship 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pemerintah kota Batam melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Batam (Dispora) menggelar Nongsa Open Marching Band Championship 2017. Event tersebut diselenggarakan pada hari selasa sampai dengan kamis, tanggal 21 – 23 November 2017, dan berlangsung di Alun-alun Engku Putri Batam Centre. Pada Nongsa Open Marching Band Championship 2017 ini diikuti oleh 33 tim marching band dari tingkat TK hingga SMU/SMK dan umum. Kriteria yang menjadi penilaian lomba diantaranya lomba parade, lomba display, individual paramanandi /mayoret terbaik dan individual gitapati/field commander.

Acara Nongsa Open Marching Band Championship 2017 dibuka langsung oleh Walikota Batam, H. Muhammad Rudi, SE, MM, selasa (21/11/17) didampingi oleh wakil ketua DPRD komisi 4 Kota Batam Muhammad Yunus, SPi, MM. Nongsa Open Marching Band Championship 2017 ini memperebutkan piala bergilir dari walikota batam. Kepada HangtuahNews.co.id, rabu (22/11/17), sekretaris panitia, Ponco dari Lembaga Marching Band Widhitra Batam mengatakan bahwa kegiatan Nongsa Open Marching Band tersebut adalah yang perdana digelar oleh Pemerintah kota Batam. Sesuai dengan amanat undang-undang olahraga bahwa marching band merupakan salah satu cabang olahraga berprestasi maka kewenangannya dibawa oleh Dispora. Ponco bahkan tak menyangka di event perdana ini sudah banyak menyedot antusias luar biasa hingga mencapai 33 tim peserta. Bahkan, lingkupnya lebih luas dari perkiraan, pesertanya tidak hanya dari Kota Batam saja, namun ada yang dari luar Kota seperti dari Tanjung Pinang dan Bintan.

Ponco mengatakan bersama timnya bahwa mereka memang mensosialisasikan kegiatan tersebut sejak juli hingga ke tanjung pinang, bintan sampai ke dabo singkep Lingga, namun karena keterbatasan transportasi dan biaya, tim dari Lingga mengundurkan diri. Bahkan, lanjut Ponco, ada tim dari Aceh pun terpaksa membatalkan keikutsertaannya karena ada kegiatan disana yang tak bisa ditinggalkan. Kegiatan tersebut dicetuskan oleh Muhammad Yunus, dan ia, kata Ponco, berpesan agar permainan dan penilaian harus obyektif, sehingga mereka mengambil juri pun dari nasional 4 orang antara lain Afrizal dari Bontang, pupuk kaltim, Andi hasan dari band director marching band semen gresik, Iwan setiawan dari Jakarta, dan Muhammad kadri dari Medan.

Ponco juga mengatakan bahwa walikota sangat mengapresiasi kegiatan tersebut oleh sebab itu, ulas Ponco, walikota akan memberi bonus tambahan bagi mereka yang menang selain memperebutkan juara umum walikota.

“Untuk hadiah berupa piala dan uang pembinaan, yang dimasukkan anggaran APBD kota batam untuk tingkat SD dan SMP, sedangkan untuk tingkat TK, SMA dan umum disponsori oleh Muhammad Yunus,”imbuh Ponco.

Ponco pun menambahkan, bahwa pesan dari bapak Rudi dan bapak Yunus kedepannya kegiatan tersebut bisa diperluas lagi lingkupnya hingga mengundang tim marching band dari negara tetangga maupun cina untuk mengikuti lomba, seperti jember yang sukses gelar iven internasional. Ia berharap kedepannya usai kegiatan Nongsa open tahun ini sukses, dan dengan mendapat dukungan dari masyarakat sehingga tahun depan bisa gelar ajang marching band dengan skala yang lebih besar.

Ajang Nongsa Open Marching Band championship 2017 ditutup oleh perwakilan dari dispora, Aisrin saufi, kamis (23/11/17). Dari hasil penilaian, juara umum piala bergilir walikota Batam 2017 jatuh ke tangan SMPN 34 Batam, dengan perolehan skor tertinggi, antara lain juara 1 kategori SMP non brass, juara 1 kategori SMP Brass, juara 1 individual gitapati/field commander yang diraih Nurhaliza, juara 3 individual gitapati/field commander kategori umum yang diraih Nurhaliza, juara 1 kategori umum, juara 1 kategori Drum Battle, dan juga juara 1 kategori Colour Guard contest. (dianHP)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *