Home / Pendidikan / SMPN 12 Batam Mengoleksi Delapan Juara Selama Sebulan
SMPN 12 Batam

SMPN 12 Batam Mengoleksi Delapan Juara Selama Sebulan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Siswa-siswi dari SMP Negeri 12 Batam berhasil mengumpulkan 8 juara baik tingkat nasional maupun internasional. Hasil tersebut diperoleh dari berbagai bidang kejuaraan yang berlangsung selama bulan Oktober 2017 ini. Seperti pada kejuaraan karate tingkat internasional yang diadakan di Singapura, siswa SMP Negeri 12 Batam berhasil meraih juara I dan juara III, begitu juga diajang cerdas cermat agama yang mewakili Provinsi Kepri untuk tingkat nasional di Aceh, regu dari SMP Negeri 12 Batam berhasil meraih juara I.

Sementara lainya juara II cerdas cermat ATB tingkat Kota Batam, juara 3 cerdas cermat Varia Pendidikan, juara I Pesparawi, juara I Dirigen antar pelajar, dan juara I basket antar pelajar, serta juara II basket antar pelajar. Pada bulan sebelumnya, tidak sedikit juara yang dicapai sekolah ini, seperti diajang OSN IPA berhasil meraih juara 2 tingkat provinsi, bahkan untuk gitar solo tingkat provinsi, juga berhasil meraih juara II.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 12 Batam, Dra Nurmi, untuk menumbuh kembangkan bakat, minat serta talenta siswanya itu, pihaknya telah mewadahi berbagai ekskul. Karena kata Nurmi, untuk mengembangkan bakat siswa ini dibutuhkan kegiatan rutin yang di lakukan untuk tetap konsisten agar bisa menghasilkan prestasi membanggakan.

Intinya kita memberikan kesempatan untuk lebih mengoptimalkan beberapa talenta dan bakat yang dimilki anak didik, karena ketika hal ini tidak di kembangkan, maka dengan sendiri bakat itu akan terkubur, ini yang sangat kami sayangkan sehingga kami tetap dan selalu konsisten untuk penyelenggaraan berbagai kegiatan ekskul sesuai bakat dan minat para siswa,” jelasnya.

Dijelaskan Nurmi, semua siswa di SMPN 12 Batam diwajibkan untuk ikut dalam kegiatan ekskul sesuai bakat masing-masing. Karena ini adalah agenda penting dari sekolah, dan juga telah tertera dalam kurikulum pendidikan nasional. Untuk kegiatan lebih terarah, pihaknya juga tidak segan-segan mendatangkan pelatih dari luar. “Kita terapkan ekstrakurikuler ini dengan cara yang fun dan menyenangkan dijalani siswa, agar tidak membosankan maka kita datangkan pelatih dari luar,’ jelasnya.

Perlu diketahui juga bahwa sementara ini SMP Negeri 12 Batam juga dipercaya untuk mengadakan kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah. Dalam kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 20 anak dibina dari seniman luar dengan bidang melukis. Dikatakan Nurmi, bahwa Gerakan Seniman Masuk Sekolah merupakan salah satu program penguatan karakter. Sehingga anak didik di sekolah tidak hanya diajarkan tentang baca, tulis, dan hitung saja, namun juga diajarkan tentang estetika, keindahan, dan keterampilan. (mhk*)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Seleksi Terbuka Untuk Persiapan Calon Kadisdik Kota Batam Baru

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Per akhir april 2018, kadisdik kota Batam Muslim Bidin pensiun. Hingga pertengahan april …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *