Home / Pendidikan / SMP Kartini II Jawara Nasional PMR

SMP Kartini II Jawara Nasional PMR

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam  Palang Merah Remaja (PMR) adalah salah satu ekskul wajib bagi SMP Kartini II Batam. Dan raihan prestasi berupa jawara pertama nasional menjadi bukti bahwa PMR tidak hanya merupakan ekskul wajib semata namun juga menarik minat siswanya hingga mencapai prestasi.

Dia adalah Nuriffah Malida Chania dari kelas IX B, yang berhasil menjadi juara pertama mewakili Kepri pada kegiatan Jumbara PMR nasional yang berlangsung di Makassar juli 2016 lalu. Ditanya Hangtuah Pos, jumat (23/9) di sekolah, Nuriffah mengaku senang bisa membawa nama Kepri dan sekolah. “Jumbara berlangsung selama 2 minggu, awalnya diberikan seleksi berupa ujian tertulis, sudah lolos maka akan masuk materi lisan, lalu praktek, yaitu praktek fasilitator, dalam praktek tersebut kita menjadi orang yang memberikan materi kepada sesama teman sebaya, lalu ada pula latihan fisik, yaitu PBB dilatih oleh pihak yonif Batam, disini kita dilatih saling kerjasama dan kekompakan, setelah lolos dari tingkat kota, maka diikutkan lomba dengan propinsi lain, di tingkat propinsi tersebut ada training centre yang dilaksanakan di markas provinsi Tanjung Pinang selama 3 hari, barulah menuju jumbara nasional,” terang Nuriffah.

Karena berhasil menjadi juara nasional, Nuriffah tidak lagi menjadi PMR namun sudah menjadi anggota PMI, yang secara langsung berada dibawah naungan PMI. “Saya ikut segala program PMI, seperti galang dana di enam mall di Batam dan MOP (masa orientasi PMR). 11 September lalu bersama adik kelas saya, 31 anggota PMR baru dari kelas VIII mengikuti kegiatan MOP tersebut ke SMAN 3 Batam, dan saya menjadi ketua panitia MOP tersebut, disana para anggota PMR mengikuti kegiatan berupa materi siaga bencana, pertolongan pertama, sejarah kepalangmerahan, pensi, yang dibimbing oleh pengurus forum remaja PMI (Forpis Batam). Tak hanya itu, di acara MOP, kita PMR SMP Kartini 2 berhasil meraih juara 3 pensi MOP tingkat madya dan wira dan mendapat gelar sekolah tersolid Forpis Batam,” ujar Nuriffah.

Ketua PMR SMP kartini 2, Muhammad Fariz Altahir dari kelas VIII A yang dikirim mengikuti MOP mengaku senang di saat kali pertama ia dan teman-temannya dari kelas VIII mengikuti ekskul PMR, berhasil meraih juara. “Ekskul PMR dilaksanakan tiap hari jumat pukul 15.00 yang dibimbing oleh bapak Kukuh Eko Prasetyo selaku pembina PMR sekolah, motivasi saya ikut PMR karena suka membantu orang sekaligus menyenangkan karena saling bekerjasama dengan teman,” ujarnya.

Untuk raihan jawara nasionalnya, Nuriffah akan diikutkan program Youth International Camp di Singapura bulan desember mendatang. “Untuk yang kelas 8 peserta PMR baru akan mengikuti tour PMI yang juga dilaksanakan di bulan desember,” imbuh Nuriffah.

“PMR di sekolah SMP Kartini II sejak tahun 1990, dan baru 2 kali mengirim wakil ke tingkat nasional. Momen nasional tiap 5 tahun sekali, yang international setiap tahun dan sekolah senantiasa mengirim wakil (tour PMI) dibatasi 50 orang tingkat SMP dan SMA,” timpal Kukuh.

“Semoga PMR SMP kartini 2 semakin berkembang dan mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi,”harap Dusmar, kepsek SMP kartini II Batam menutup wawancara siang itu. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *