Home / Info Cerdas / Sir Joseph Wilson Swan, Penemu Lampu Pertama Sebelum Thomas A. Edison

Sir Joseph Wilson Swan, Penemu Lampu Pertama Sebelum Thomas A. Edison

HANGTUAHNEWS.CO.ID, InfoCerdas – Sir Joseph Wilson Swan adalah seorang ahli fisika Inggris dan ahli kimia, yang paling terkenal untuk penemuan bola lampu pijar sebelum penemuan independen oleh orang Amerika Thomas A. Edison.

Karya ilmiah Swan untuk bola lampu penemuannya di pamerkan pada sebuah ceramah di Newcastle Upon Tyne pada 18 Desember 1878, tetapi saat itu ia tidak menerima hak paten sampai 27 November 1880 (paten No 4933) walaupun lampu penemuannya telah ia sempurnakan. Rumahnya (di Gateshead, Inggris) adalah rumah pertama di dunia yang diterangi bola lampu. Dan kali pertama di dunia, lampu listrik menerangi sebuah gedung publik untuk sebuah ceramah yang dibawakan oleh Swan pada tahun 1880. Pada tahun 1881, Teater Savoy di Kota Westminster-London juga diterangi oleh bola lampu pijar Swan, dan merupakan teater pertama dan bangunan publik pertama di dunia yang diterangi sepenuhnya oleh lampu listrik.

Pada tahun 1904, Swan mendapat gelar kebangsawanan oleh Raja Edward VII, diberikan Hughes Medal Royal Society, dan diangkat menjadi anggota kehormatan dari Pharmaceutical Society. Dia juga  menerima gelar tertinggi di Perancis, Legio d’honneur, ketika ia mengunjungi sebuah pameran internasional di Paris pada 1881. Pameran ini termasuk pameran dari penemuannya, dan kota itu diterangi lampu listrik, berkat penemuan Swan. (int)

Baca Juga  Manfaat dan Bahaya Ozon - Bagian 1

About admin

Lihat Juga

Pemkab Bintan Menargetkan Seluruh Desa Memiliki BU di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau menargetkan seluruh desa memiliki Badan Usaha Milik Desa pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *