Home / Politik / “Sinergi” Dualisme Pemerintahan Batam

“Sinergi” Dualisme Pemerintahan Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam –  Ketika BP Batam memegang tampuk pemerintahan pulau Batam, ekonomi yang sangat maju dapat di terapkan karena kebijakan FTZ (Free Trade Zone). Namun setelah isu otonomi daerah hingga akhirnya terwujud pemekaran dan terbentuknya Pemko Batam, perekonomian dinilai menurun, banyak hal yang menjadikan permasalahan, administratif yang panjang dan berbelit seperti halnya dengan pengelolaan sertifikat tanah di kota Batam, permasalahan perijinan yang tumpang  tindih.Hubungan kerja antara pemerintah kota Batam dengan Otorita Batam yang sekarang telah berubah nama menjadi Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) adalah untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi di wilayah barat Indonesia.

Dalam pengembangan kota Batam untuk proses pengembangan industri, perdagangan, pariwisata dan alih kapal serta bidang pertanahan di kota Batam, diawal berada dalam bentuk hak pengelolaan BP Batam. Terjadinya perubahan status otonomi wilayah kota Batam yang menyebabkan timbulnya perubahan kewenangan yang selama ini terpusat pada Otorita Batam.

Dengan diberlakukannya undang undang nomer 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, menyebabkan adanya peralihan kewenangan yang memperbesar peran dan kedudukan Pemko Batam, hal senada juga di sampaikan oleh salah seorang wakil ketua bidang perdagangan Kadin kota Batam, bahwasannya sampai detik ini pengaruh dualisme kepemimpinan di kota Batam tetap menjadi kendala utama dalam proses perijinan di Batam dan secara makro hal tersebut akan mengganggu perekonomian  kota Batam. Menurut beliau, seharusnya ada sinergi di lapangan dalam penerapan kinerja aparatur diantara Pemko Batam dan BP Batam sehingga akan dicapai kinerja yang maksimal, dan tidak seharusnya ada saling lempar tanggung jawab jika terjadi permasalah teknis dilapangan.

Baca Juga  Pemko Batam Kejar Target Pendapatan 2017 di Tiga Bulan Terakhir

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *