Home / Serba-Serbi / LSP dan BNSP Menyerahkan Sertifikat Kompetensi Untuk 1.899 Pekerja Batam
Walikota Batam, Muhammad Rudi menyerahkan sertifikat kompetensi kepada salah satyu tenaga kerja diserahkan di Hotel Vista, Rabu (18/10). (Foto : mcb)

LSP dan BNSP Menyerahkan Sertifikat Kompetensi Untuk 1.899 Pekerja Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam | Dinas Tenaga Kerja Kota Batam menyerahkan sertifikat kompetensi kepada 1.899 tenaga kerja. Sertifikat hasil pelatihan peningkatan keahlian pekerja ini diserahkan di Hotel Vista, Rabu (18/10).

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Rudi Sakyakirti mengatakan sertifikat yang diberikan kepada pekerja ini terbagi dalam beberapa bidang kompetensi. Pada bidang pariwisata dibagikan sertifikat kepada 780 pekerja. Kemudian bidang perhotelan 565 pekerja, bagian HRD 65 tenaga kerja, dan industri 339 sertifikat tenaga kerja.

“Di bidang industri juga ada yang sertifikatnya internasional, sebanyak 150 orang,” kata dia.

Pelatihan peningkatan kompetensi tenaga kerja ini menghabiskan biaya Rp 15 miliar. Anggarannya berasal dari dana perpanjangan izin mempekerjakan tenaga kerja asing (IMTA) tahun 2017 sebesar Rp 23,8 miliar.

Dalam pelaksanaannya, Dinas Tenaga Kerja bekerjasama dengan lembaga sertifikasi profesi (LSP) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dan dalam pemilihan peserta sertifikasi, langsung dikoordinasikan dengan perusahaan atau asosiasi profesi masing-masing.

Walikota Batam, Muhammad Rudi dalam sambutannya mengajak pekerja yang telah memiliki sertifikat kompetensi untuk dapat memanfaatkan keahlian yang dimiliki. Ia mendorong agar pekerja tidak hanya mencari kerja di daerah saja, namun juga bisa ke luar negeri.

“Kuasai Bahasa Inggris. Dengan begitu kalian bisa bersaing dan bekerja di luar negeri, ditambah dengan kompetensi yang kalian miliki,” ujarnya.

Kemajuan Batam menurutnya berada di tangan pekerja, sehingga ia juga mengajak pekerja agar dapat menjaga Batam tetap kondusif. Rudi mengingatkan pekerja agar tidak menyampaikan informasi yang tidak benar melalui media sosial. Karena hal tersebut dapat berdampak pada kondisi Batam. Terlebih informasi yang disampaikan belum tentu kebenarannya. (kartika/mcb)

Baca Juga  Disnaker Batam Memperbanyak Sertifikasi Pekerja Sektor Pariwisata

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *