Home / Nasional / Serikat Pekerja Prihatin Atas Penurunan Pelayanan Garuda Indonesia

Serikat Pekerja Prihatin Atas Penurunan Pelayanan Garuda Indonesia

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta – Serikat Pekerja PT Garuda Indonesia (Persero) Bersatu ‎prihatin dengan kebijakan efisiensi yang sedang dijalankan oleh perusahaan. Akibat dari efisiensi tersebut berdampak kepada penurunan pelayanan kepada penumpang. Presiden Asosiasi Pilot Garuda (APG) Captain Bintang Hardiono mengatakan, direksi Garuda Indonesia menjalankan kebijakan pemotongan biaya operasional yang bertujuan untuk efisiensi. Namun pemotongan tersebut sangat besar sehingga sehingga mengakibatkan pelayanan ke penumpang mengalami penurunan. Dia pun mengaku malu atas kebijakan tersebut.

“Dari sudut kami sebagai penerbang, pemotongan biaya manajemen ini membabi-buta. Kami merasa malu karena pelayanan penumpang jadi turun,” kata Bintang, di Jakarta, Selasa (21/1/2018).

Efisiensi yang dijalankan adalah menghilangkan pemberian permen dan makanan untuk penerbangan jarak pendek. Dia pun menyayangkan karena sudah menyalahi prinsip maskapai bintang lima.

Ketua Umum Serikat Karyawan Garuda (Sekarga) Ahmad Irfan melanjutkan, Garuda merupakan maskapai bintang lima. Namun saat ini kondisi pelayanan ke penumpang mengalami penurunan sehingga tidak mencerminkan sebagai maskapai bintang lima. Contohnya adalah peniadaan ruang tunggu pengambilan bagasi untuk kelas utama (first class). Saat ini fasilitas layanan tersebut hanya disediakan di Bandara Soekarno Hatta dan Denpasar saja.

“Garuda itu ada di bintang lima, kalau anda pergi ke daerah setiap first class ada layanan lounge bagasinya, sekarang cuma ada di dua kota,” ‎ujarnya.

Menurut Ahmad, karyawan mendukung langkah perusahan melakukan efisiensi, tetapi biaya yang dipotong tidak terlalu besar dan pelayanan ke penumpang yang dikorbankan. Menurut mereka, masih ada cara lain untuk mengurangi biaya operasional diantaranya perampingan direksi.

“Cutting cost itu sekarang modelnya kami sempat mendukung efisiensi. Tapi jangan total cost-nya yang dipotong. Sehingga enggak tahu nih di dalamnya apa,” tutup Ahmad. (Pebrianto EW/le)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Menyapa Kota Bandung dari Gunung Batu Lembang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bandung – Lembang terkenal sebagai tujuan wisata bagi para pengunjung Kota Bandung. Meski jaraknya cukup jauh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *