Home / Pendidikan / Sekolah Kartini Pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2016

Sekolah Kartini Pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2016

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional 2016, sekolah Kartini bekerjasama dengan PMI kota Batam menggelar kegiatan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2016, sabtu (3/12) di alun-alun dataran Engku Putri Batam Centre yang dimulai pukul 06.30.

Hadir pembina Yayasan Keluarga Batam (YKB) Srie Soedarsono, segenap pengurus YKB, K3S se-kota Batam, MKKS sekolah Kartini, seluruh staf guru sekolah Kartini, ibu gubernur Kepri Noorlizah Nurdin Basirun, walikota batam Rudi, SE, MM, Dandim, pejabat DPRD kota Batam, serta seluruh penyandang disabilitas wilayah Kepri dan Batam.

Kegiatan dibuka dengan jalan santai, diiringi marching band siswa SMA Kartini, sambutan, disambung dengan pengundian door price, dan pemberian reward kepada penyandang disabilitas berprestasi di bidang olahraga dan seni di berbagai sekolah di provinsi Kepri. Tak ketinggalan pula siswa-siswi SMA Kartini menggelar market day, sebagai acara sosialisasi sekolah rujukan dimana SMA Kartini termasuk sekolah rujukan diantara 3 sekolah di Batam. Kegiatan ini perdana diikuti oleh sekolah Kartini.

Rangkaian kegiatan HDI 2016

Next Prev

Rangkaian aktifitas HDI 2016

Rangkaian aktifitas HDI 2016

Rangkaian aktifitas HDI 2016

Next Prev

Atik Sarwo Edi, ketua panitia pelaksana, mewakili ketua panitia Ibu Srie Soedarsono mengatakan bahwa ini rutin agenda kegiatan tahunan dilaksanakan. “Kalau bekerjasama dengan K3S baru perdana tahun ini, sedang kalau dengan pemerintah kota senantiasa dilaksanakan,” kata Atik kepada Hangtuah Pos, selasa (6/12).

Tujuan peringatan tersebut, sambung Atik, agar masyarakat tahu keberadaan komunitas disabilitas serta mengetahui adanya persatuan disabilitas. “Dimaksudkan juga agar masyarakat peduli dan memanusiakan mereka, penyandang disabilitas sama seperti yang normal, bahkan menerima mereka dalam berbagai aspek kehidupan, pekerjaan, sekolah dan lain-lain. Hal ini diatur dalam UU disabilitas no 8 tahun 2016 bahwa penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan yang normal. Harapannya kegiatan ini terus berlanjut kedepannya, selain untuk menghibur mereka, sekaligus memberi ruang lebih luas kepada mereka bersosialisasi di kehidupan bermasyarakat. Sore harinya ada launching buku novel tentang disabilitas, dan harapan saya kedepan bagi masyarakat, orang tua yang memiliki anak penyandang disabilitas agar tidak mengucilkan mereka, bersama pemerintah untuk membantu agar mereka bisa diterima di masyarakat, membangun dan membina mereka agar bisa diterima di lingkungan masyarakat luas sama seperti yang normal,” himbau Atik.

Baca Juga  SMP Kartini 1 Batam Mulai Membuka PPDB Tahun Ajaran 2017/2018

Kepsek SMA Kartini Ani muslimah berkomentar bahwa SMA Kartini senang dan bangga dilibatkan mendukung kegiatan HDI tersebut. “Rangkaian kegiatan tersebut sangat bagus, positif, dan menyentuh. Bagi kami, ini merupakan simbiosis mutualisme. Kami berpartisipasi memeriahkan dan menyukseskan HDI, dan HDI juga memberi kesempatan kepada SMA Kartini untuk menyosialisasikan dan promosi sekolah Rujukan. Harapan kami, semoga kegiatan ini jadi agenda rutin. Sehingga penyandang disabilitas makin percaya diri dan terakomodasi hak dan kebutuhan mereka, dan masyarakat lebih banyak yang peduli pada kemajuan penyandang disabilitas, setara dengan kita semua,” tutupnya. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Seleksi Terbuka Untuk Persiapan Calon Kadisdik Kota Batam Baru

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Per akhir april 2018, kadisdik kota Batam Muslim Bidin pensiun. Hingga pertengahan april …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *