Home / Pendidikan / Sekolah di Daerah Perbatasan Mendapat Bantuan Komputer
Kadisdik provinsi Kepri Drs. H. Arifin Nasir, M. Si saat memonitoring UNBK di SMK Kartini Batam bersama pengawas Suradi, selasa (4/4) yang diterima langsung oleh kepsek SMK Kartini Batam, Drs. Mujiono.

Sekolah di Daerah Perbatasan Mendapat Bantuan Komputer

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan memberikan komputer untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) di daerah perbatasan yang sudah memiliki jaringan internet. Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Arifin Nasir, di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan, pemerintah mengalokasikan anggaran pengadaan sebanyak 1.700 unit komputer tahun ini.

“Tentu yang paling banyak di daerah perbatasan, jauh dari perkotaan. Karena SMA di daerah perkotaan hanya menambah sedikit komputer,” ujarnya.

Arifin belum dapat memastikan, kapan pengadaan komputer itu dilelang. Namun ia menargetkan 1.700 unit komputer sudah disalurkan ke sekolah-sekolah sebelum akhir tahun 2018.

“Arahan Gubernur Nurdin, harus cepat sehingga dapat dimanfaatkan oleh pihak sekolah untuk peningkatan fasilitas pendidikan,” katanya.

Arifin mengatakan, pihaknya sudah mendata seluruh kebutuhan komputer di sekolah. Jumlah bantuan yang diberikan akan disesuaikan dengan permintaan. Menurut dia, SMA di pulau-pulau yang berada Natuna, Kepulauan Anambas, Bintan dan Karimun membutuhkan lebih banyak komputer. Selain di daerah perbatasan itu, SMA yang berada di pulau penyangga seperti Lingga juga membutuhkan banyak komputer.

“Kalau di Tanjungpinang dan Batam, termasuk SMA yang berada di pusat perkotaan daerah lainnya sudah memiliki cukup banyak komputer sehingga kami hanya perlu menambahnya sedikit,” katanya.

Ia mengatakan bantuan komputer itu untuk menunjang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Namun pihak sekolahnya dapat mempergunakannya untuk kegiatan lain yang menunjang pembelajaran.

“Harus dimanfaatkan secara maksimal, kemudian dirawat sehingga tahan lama,” ucapnya.

Arifin mengatakan, kebutuhan komputer di Kepri setiap tahun selalu berubah, karena banyak komputer yang sudah lama digunakan, dan rusak. Menyadari persoalan itu, sejak tahun 2017, Pemprov Kepri mengalokasikan anggaran untuk pengadaan komputer. Tahun ini, kata dia keinginan Pemprov Kepri mengadakan 4 ribu unit komputer, namun kemampuan anggaran hanya 1.700 unit komputer.

“Tahun 2019 direncanakan akan diberikan lagi bantuan komputer kepada pihak sekolah,” katanya. (nikolas-ant)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Gubernur Nurdin : MTQ Harus Bisa Membumikan Alquran

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Lingga – Salah satu yang terpenting dari pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) adalah bisa membumikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *