Home / Internasional / Sekjen Baru Janji Jadikan ASEAN Penggerak Ekonomi Kawasan
Sekjen ASEAN yang baru berjanji memperkuat kapabilitas organisasi regional tersebut sehingga dapat terus menjadi penggerak ekonomi di kawasan, bahkan global.

Sekjen Baru Janji Jadikan ASEAN Penggerak Ekonomi Kawasan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta – Sekretaris Jenderal ASEAN baru, Lim Jock Hoi, berjanji memperkuat kapabilitas organisasi regional tersebut sehingga dapat terus menjadi penggerak ekonomi di kawasan, bahkan global.

“Kami ingin memperkuat institusi ASEAN dan konektivitas masyarakatnya supaya bisa mempertahankan ASEAN sebagai penggerak ekonomi dan integrasi di kawasan,” kata Lim dalam pidato perdananya di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Jumat (5/1).

Diplomat senior asal Brunei Darussalam itu resmi menjabat sebagai Sekretaris Jenderal ASEAN ke-14, menggantikan Le Luong Minh dari Vietnam, yang telah menyelesaikan masa jabatannya pada 31 Desember 2017.

Mantan Sekretaris Tetap Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Luar Negeri Brunei itu mengatakan banyak prestasi yang telah dicapai ASEAN selama periode kepemimpinan sebelumnya sehingga dianggap menjadi salah satu pemain penting dalam ekonomi global.

Lim menuturkan, semakin besarnya peran ASEAN membuat tantangan sekaligus kesempatan bagi organisasi beranggotakan 10 negara ini semakin besar.

Menurutnya, saat ini adalah waktu tepat bagi ASEAN mempersiapkan masyarakatnya untuk memastikan kawasan bisa terus mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

“Kami percaya dengan kerja sama dan integrasi yang kuat, ASEAN bisa menghadapi tugas dan tantangan di masa depan yang begitu besar dan memaksimalkan potensi kolektif anggota-anggotanya,” ujar Lim.

Lim resmi ditunjuk sebagai sekjen baru pada November lalu dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Manila, Filipina. Lim akan menjabat untuk periode 2018-2022.

Dia adalah eks kepala departemen perdagangan di Kementerian perindustrian dan sumber daya utama Brunei. Lulusan ekonomi Politeknik Kota London pada 1976 itu pun pernah mendapat gelar The Most Honourable Order dari Seri Paduka Mahkota Brunei.

Dengan rekam jejak tersebut, pendahulu Lim, Le, menaruh harapannya pada sang sekjen baru dalam kesempatan yang sama.

“Seiring saya serahkan tanggung jawab selama lima tahun terakhir kepada Sekjen baru, Pak Lim. Saya berharap ASEAN bisa berdiri lebih kuat lagi terutama dalam mengimplementasikan visi dan misinya untuk tetap menjaga stabilitas di kawasan,” ucap Le. (cnn)

About admin

Lihat Juga

Jokowi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia

HANGTUAHNEWS.CO.ID, – Presiden Joko Widodo mengundang Pemimpin Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus, untuk berkunjung ke Indonesia. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *