Home / Pendidikan / SDN 06 Sekupang Boyong Predikat Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Kepri 2017
Imam Mukti, S. Pd, sd, guru SDN 06 Sekupang dengan portofolionya berhasil boyong predikat Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Kepri 2017.

SDN 06 Sekupang Boyong Predikat Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Kepri 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Menimba ilmu di sekolah yang asri dan hijau, serta program sekolah yang menarik pasti akan membuat suasana nyaman dan siswapun menjadi betah berlama-lama belajar di dalamnya, dan itu yang diterapkan oleh SDN 06 Sekupang.

Layak sekolah tersebut lolos menjadi sekolah Adiwiyata tingkat propinsi Kepri 2017 yang diumumkan minggu (30/7/17) lalu di Dabo, Lingga. Imam Mukti, S. Pd, sd guru SDN 06 Sekupang yang menyusun portofolio tentang sekolahnya tersebut, bersama rekannya Hastuti, S. Pd, sd, yang bertindak sebagai koordinator tim pengembang sekolah menjadi wakil keberhasilan boyong predikat sebagai sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Kepri 2017, dan kepada Hangtuah Pos yang menemui, jumat (4/8/17), Mukti menceritakan pelaksanaan penjurian Adiwiyata dilakukan bulan januari hingga juli 2017.

“Juri turun ke lapangan bulan mei untuk cross check, syarat ikut ajang tersebut dengan mengirim soft copy dan hard copy portofolio tentang sekolah, selanjutnya menunggu keputusan tim juri apakah bisa lanjut ke tingkat nasional bulan desember mendatang. Isi portofolio antara lain visi misi tujuan sekolah, contoh perangkat pembelajaran, profil sekolah, ekskul, sarana prasarana, dokumentasi kegiatan mulai dari kegiatan kbm, ekskul, dan partisipasi guru dan murid dalam pendidikan lingkungan hidup. Adapun dalam menyusun portofolio saya lakukan selama 2-3 minggu, alhamdulilah sebelumnya saya pernah ikut pelatihan dinas lingkungan hidup tahun 2013 lalu, kita ada komunitas Green teacher, isinya guru-guru yang sudah mendapat pelatihan lingkungan hidup, disitulah kami diberi pembelajaran mengenai bagaimana penataan lingkungan hidup yang asri di sekolah, ” ungkap Mukti panjang lebar.

Dikatakannya yang lolos sebagai sekolah Adiwiyata tingkat provinsi ada 4 sekolah, antara lain SDN 06 Sekupang, SMPN 26 Batam , SMKN 1 Batam dan MAN 1 Batam. Hastuti, rekan Mukti ikut ajang Adiwiyata tingkat provinsi Kepri sekaligus juga finalis lomba tata kelola BOS tingkat nasional 2016 yang raih urutan ke 38 dari 50 peserta se-Indonesia, menimpali syarat ikut ajang Adiwiyata tingkat nasional nantinya sekolah harus memiliki gazebo/tempat baca buku siswa, kebun, pengolahan pupuk kompos, biopori (resapan air), tumbuh-tumbuhan harus ditambah, memiliki hidroponik, dan semua pihak harus punya budaya peduli lingkungan, selain di sekolah, di rumah pun diharapkan diterapkan.

Ditanya tanggapan kepsek SDN 06 Sekupang, Wan Kasmawati, S. Pd, SS, MM mengatakan bangga mempunyai tim yang bisa bekerjasama dalam mengembangkan sekolah sehingga berprestasi di bidang non akademik.

Sayangnya, keluh Wan, sekolah dianggap tidak berhasil bila nilai US tidak tinggi.

“Kita juga ikut visitasi lomba budaya mutu 2017, senin (31/7/17) kemarin proposalnya dikirim ke Jakarta, penilaian berlangsung agustus-september, sosialisasinya di bulan april-mei 2017 lalu, sistemasinya penilaian tahap 1 pra seleksi juni, penilaian tahap 2 visitasi sekolah, penilaian tahap 3 presentasi/tanya jawab dan wawancara di bulan november 2017, kita bersaing dengan 250 sekolah se-Indonesia bila lolos, dari 170 sekolah dasar rujukan se-Indonesia,” kata Wan.

Ia berharap selain prestasi di bidang non akademi, prestasi akademik bisa meningkat kedepannya.

“Keberhasilan bidang akademik sebenarnya bukan hal yang paling utama, yang paling penting adalah menumbuhkan karakter siswa sesuai dengan pedoman K-13, dan SDN 06 Sekupang satu-satunya sekolah dasar negeri yang akhirnya harus kembali ke sistim Full Day School 5 hari sekolah, karena kita dianggap memiliki fasilitas cukup dan hanya mempunyai 1 shift jam pembelajaran, ” ungkap Wan. (dian)

Mukti bersama kepsek SDN 06 Sekupang, Wan Kasmawati, S. Pd, SS, MM (kiri) dan rekannya yang ikut ajang Adiwiyata, Hastuti, S. Pd, sd (kanan).

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Seleksi Terbuka Untuk Persiapan Calon Kadisdik Kota Batam Baru

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Per akhir april 2018, kadisdik kota Batam Muslim Bidin pensiun. Hingga pertengahan april …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *