Home / Pendidikan / SDN 02 Batu Ampar, Juara Umum Penggalang SD Perkemahan Besar (Kemsar) Kwarcab Kota Batam ke 55 Tahun 2016

SDN 02 Batu Ampar, Juara Umum Penggalang SD Perkemahan Besar (Kemsar) Kwarcab Kota Batam ke 55 Tahun 2016

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Menjadi jawara pastilah menjadi satu kebanggaan bagi semua orang, apalagi dalam peraihan dibutuhkan usaha yang sangat gigih.

Hal itu dibuktikan oleh kelompok pramuka Penggalang SD Putra dan Putri SDN 02 Batu Ampar yang berhasil meraih juara pertama dan juara umum pada Perkemahan Besar (Kemsar) kwarcab kota Batam yang ke 55 tahun 2016 yang dilaksanakan selama 3 hari, 16-18 september lalu.

“Alhamdulillah kita meraih Terbaik I penggalang SD Putra, terbaik I penggalang SD putri, serta meraih Juara umum gudep terbaik penggalang SD juga” terang Said, pembina pramuka SDN 02 Batu Ampar kepada Hangtuah Pos selasa (20/9) lalu.

Lanjut Said, ia bersama pembina yang lain, yakni bapak Kamil Hadi (pembina penggalang putra), ibu Roza Istiani, ibu Erhanita, dan ibu Martina (pembina penggalang putri) yang membimbing 2 regu penggalang SD tersebut hingga meraih juara. “Kami senang, bangga, dan juga terharu bisa menjadi juara dari banyak sekolah se-kota Batam, tahun ini kami perdana ikut kemsar, dan bisa meraih juara 1 dan umum”, ujar Rian Abdullah siswa kelas 6 pimru regu putra komodo, yang diangguki oleh Erna Gustiana, pimru regu putri raflesia.

Lomba yang diikuti, lanjut Erna antara lain pioneering, tali temali, mading, yel-yel, hasta karya (membuat baju dari barang bekas bagi regu putri), (robot dari kardus, mading dari stereofom, untuk regu putra), lalu dapur umum dengan tema 4 sehat 5 sempurna yang mengambil bahan masakan dari tempe telur. Latihan persiapannya, imbuh Roza, dilakukan di sekolah. “Siswa aktif mengikuti ekskul pramuka seminggu sekali hari sabtu, dilatih pembina grup masing-masing, kalau persiapan sebelum kemsar 2 minggu pelatihan. Tahun-tahun sebelumnya kami pun alhamdulillah selalu meraih juara, persami akbar ke 3 di lanal Batu Ampar juara 1 dan umum terbaik penggalang SD tahun 2015, pada persami akbar persaudaraan kwarcab kota Batam 2014 ikut lomba pesta siaga juara 1 dan umum, ini semua juga tak luput dari dukungan pak Yendri selaku kepsek yang sangat solid terhadap kegiatan pramuka ini”, ujarnya.

Baca Juga  Pelantikan Pramuka Garuda Kwarran Batam Kota

Ia menambahkan ke depannya mereka ada wacana akan ikut pramuka garuda. “Biasanya juara satu akan diundang untuk ikut program-program kepramukaan kwarcab,” terang Roza. Rian dan Erna mengaku siap bila nanti diikutkan lomba di kepramukaan baik tingkat kwarcab, jambore nasional maupun internasional, dan bisa membagi waktu untuk persiapan US dan akan senantiasa aktif hingga sekolah menengah sekalipun.

Yendri Sarman, kepsek SDN 02 Batu Ampar berharap siswanya selalu sukses dalam setiap kegiatan pramuka. “Tetaplah selalu eksis dalam setiap kegiatan kepramukaan baik kwarran maupun kwarcab,” tutupnya. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *