Home / Pendidikan / Scout Day Kwarran Batam Kota V Berlangsung Meriah
Salah satu tampilan dance semaphore penggalang SD di acara Scout Day V tahun 2017 kwarran Batam Kota

Scout Day Kwarran Batam Kota V Berlangsung Meriah

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Memperingati hari lahirnya bapak kepanduan dunia Boden Powell tanggal 22 februari 1857, kegiatan Scout Day dilaksanakan oleh seluruh dunia pada waktu yang bersamaan, dan kwarran Batam Kota juga melaksanakan kegiatan Scout Day V tersebut sebagai acara inti kegiatan, Minggu (26/2), dimulai pukul 08.00, di lapangan Botania 2, dibuka oleh kak Hernowo, selaku kwarcab kota Batam.

Hadir Wakil ketua kwarcab kota Batam H. Amril, Kamabiran Batam Kota kak Asraf Ali (camat Batam Kota), Kapusdiklatcab kota Batam Kak H. Asmili, kwarran Batam Kota kak Agusman, Saka Bhayangkara kak Arnold, Saka Bahari kak Cisworo, dewan kerja ranting (DKR) Batam Kota, Dewan Kerja Cabang (DKC) kota Batam, Ketua panitia Scout Day kak Sopian Edi, diikuti oleh 1500-an peserta siaga, penggalang, dan penegak. Kegiatan dibuka dengan pawai yang menampilkan marching band, pawai tersebut dibuka oleh kak Asraf.

Seremonial pembukaan Scout Day V tahun 2017 kwarran Batam Kota minggu (26/2) lalu

Adapun materi Scout Day, Agusman kepada Hangtuah Pos, selasa (28/2) mengatakan untuk Siaga digelar lomba LKBB, tujuannya melatih dasar baris berbaris pada adik siaga, yang menggabungkan disiplin, kekompakan, ketelitian, dan keserasian, terdiri dari 16 orang dari 1 sangga.

“Penggalang SMP digelar lomba dance semaphore, untuk melatih mental, kekompakan, disiplin waktu, kreasi, dll, bagi penggalang SD juga digelar dance semaphore tujuannya untuk motivasi dengan meneladani kakaknya penggalang SMP, mereka terdiri dari 10 orang dalam 1 sangga, dalam hal ini dimaksudkan agar peserta dapat menampilkan regu terbaik dari pangkalan masing-masing sesuai tema Bhinneka Tunggal Ika, penegak pioneering, terdiri dari 10 orang dalam 1 sangga, yakni membuat rumah adat miniatur dari kayu, medianya adalah kayu dengan simpul yang menggunakan tali, temanya sama yaitu Bhinneka Tunggal Ika, logo pancasila, ditambah dengan kegiatan hiburan lucky draw/door prize untuk seluruh peserta pawai. Kegiatan ini adalah kegiatan ajang silahturahmi baik untuk peserta didik khususnya serta untuk para pembina dan seluruh kamabigus (kepsek) di kota Batam, harapannya dengan adanya kegiatan ini kedepannya lebih meriah lagi, dan juga lebih menumbuhkan kegiatan pramukanya di pangkalan adik-adik pramuka masing-masing dengan tema yang berbeda,” ungkap Agusman panjang lebar.

Baca Juga  Iskandar Muda Ukhuwah Scout Camp 2017
Rangkaian kegiatan Scout Day V tahun 2017

Lanjut Agusman, hadiah lucky draw Scout Day kemarin berupa handphone, sepeda, mp3, alat-alat pramuka, yang disponsori oleh Indosat, LE minerale, serta dukungan dari kwarcab melalui andalan cabang kota Batam kak Hernowo, dan dari kecamatan Batam Kota dukungan bantuan sarana dan prasarana.

“Saya sampaikan selamat kepada para pemenang, agar senantiasa dipertahankan dan bagi yang belum berhasil terus belajar dengan rajin. Tahun 2014 dan 2015 kakak kepanduan dari Malaysia dan Singapura sering berkunjung pada saat kegiatan Scout Day, tahun ini mereka tidak hadir, semoga kegiatan Scout Day tahun depan mereka bisa hadir,” ungkapnya.

Para jawara LKBB dan dance semaphore kegiatan Scout Day V tahun 2017

Sopian menambahkan SDN 06 Batam Kota, untuk golongan siaga berhasil meraih juara 2 LKBB, golongan penggalang SD dance semaphore juara 3, harapan 1 dan 2. Sedangkan juara 1 dance semaphore diraih oleh Sekolah Cendana Batam sekaligus LKBB meraih juara 3. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *