Home / Daerah / Sat Resnarkoba Polres Karimun Mengadakan Sosialisai Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba ke SD
Suasana penyuluhan narkoba di Sekolah Dasar (SD) di Tanjung Batu, Kundur, Senin (9/10/2017) (foto:net)

Sat Resnarkoba Polres Karimun Mengadakan Sosialisai Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba ke SD

HANGTUAHNEWS.CO.ID,  Karimun – Untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar Sekolah Dasar (SD), Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Karimun melakukan penyuluhan dan sosialisasi ke Sekolah Dasar (SD) di Tanjung Batu, Kundur, Senin (9/10/2017).

Sebanyak 300 orang siswa SDN 11 Tanjung Baru, Kundur, Kabupaten Karimun mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh Satresnarkoba Polres Karimun, bersama dengan pengajar. Kasat Narkoba Polres Karimun, AKP Nendra Masya Tias SIK, mengatakan dilaksanakannya alasan penyuluhan di kalangan pelajar SD karena pencegahan harus dimulai sejak dini.

“Kenapa harus SD, karena kita mulai dari dini dulu, nanti akan bertahap ke jenjang SMP dan SMA, serta mahasiswa dan masyarakat umum,” kata Nendra, Senin (9/10/2017).

Dalam penyuluhan yang dilakukan, anggota memberitahukan jenis-jenis narkoba, serta bahaya atau dampak menggunakan narkoba. “Kita memberitahukan bahaya mengkonsumsi narkoba, serta jenis-jenis narkoba,” ujar Nendra.

Peredaran Narkoba di Kabupaten Karimun bisa dibilang cukup marak, baik peredaran di masyarakat, pegawai dan dalam lingkungan pelajar. Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan tersebut antusias melontarkan pertanyaan kepada polisi yang memberi penyuluhan. Mereka bertanya mengenai bentuk narkoba hingga efek dari bahaya narkoba. Dan petugas memfokuskan tentang bahaya mengkonsumsi lem, komix, rokok, serta pil PCC yang sedang marak saat ini.

“Mereka antusias, banyak yang bertanya soal bahaya lem, komix, rokok, dan PCC, serta jenis narkoba lainnya,” ucap Nendra.

Anggota Sat Resnarkoba dengan gaya tersendiri menjelaskan satu persatu tentang bahaya dari empat barang tersebut kepada anak-anak SD.Bahkan, ada murid yang menangis setelah anggota menjelaskan dan menjawab pertanyaannya. Murid tersebut bertanya bahaya rokok terhadap tubuh, baik bagi perokok aktif dan perokok pasif.

“Ada murid yang menangis, dia takut sakit setelah anggota menjelaskan bahaya rokok, baik perokok aktif atau pasif. Sebab orang tuanya (ayah) masih merokok di rumah, dia takut untuk melarang sebab takut kena marah,” kata AKP Nendra Masya Tias. (bt)

Baca Juga  Kabupaten Karimun Merayakan Ulang Tahun ke 17

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Beberapa Titik Proyek Pelebaran Jalan Batam 2018 Telah Selesai Lelang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pemko Batam mulai melakukan pelebaran jalan tahun 2018 dijadwalkan start hari selasa, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *