Home / Budaya / Sandiwara Bangsawan Diajarkan di Sekolah

Sandiwara Bangsawan Diajarkan di Sekolah

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Sandiwara Bangsawan, teater khas Kabupaten Lingga, Kepri sejak 2015 ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia. Kini bangsawan diajarkan untuk siswa SD, SMP dan SMA di Kabupaten Lingga.

Pembina Sanggar Sri Mahkota Lingga, Kamarulzaman menyebutkan, Sandiwara Bangsawan merupakan salah satu khazanah budaya Indonesia yang berasal dari Kabupaten Lingga. “Teaternya orang Melayu Lingga yang menceritakan tentang kehidupan para Raja, Sultan serta ksatria di zaman kerajaan. Sandiwara Bangsawan ini merupakan kearifan lokal yang perlu kita jaga kelestariannya,” kata Kamarul.

Kata Kamarul, untuk tahun ini di bawah asuhan Sanggar Sri Mahkota Lingga sudah dibina lebih kurang 100 orang siswa mulai SD,SMP, dan SMA. Tujuannya untuk persiapan alih generasi. “Selama inikan kalau ada Sandiwara Bangsawan pasti orang dewasa, tapi tahun ini kita gesa anak-anak sekolah yang tampil. Kita berikan ruang bagi anak-anak kita untuk berkreasi agar mereka tidak terjebak pada hal-hal negatif. Apabila mereka sudah berani tampil sekali saja, besok-besok mereka akan terus berfikir bagaimana akan tampil lagi. Jadi ketika anak-anak kita beri ruang, maka mereka akan kreatif. Saya kira itu salah satu dampak positifnya,” ujarnya.

Ditanya apakah ada kaitannya dengan unsur religi. Kamarul mengatakan Sandiwara Bangsawan sangat kental sekali unsur religiusitasnya. ”Coba lihat cara berpakaian, cara bertutur dengan pemimpin atau Raja semuanya sesuai dengan etika orang beragama. Makanya, melayu itu sangat identik dengan islam. Kita juga patut bersyukur karena Sandiwara Bangsawan sudah diakui oleh Negara bersamaan dengan kerajinan Tudung Manto sebagai warisan budaya Indonesia,” kata Kamarul.

Katanya lagi, kedepan akan diadakan pementasan Sandiwara Bangsawan 4 (empat) kali setahun. “Itu sudah kita rencanakan dari sekarang. Terkait biaya pementasan sandiwara, itu bukan persoalan besar. Masih bisa kita cari dan meminta bantuan para donatur yang cinta akan seni dan budaya Lingga. Secara pasti Pemkab Lingga juga kita minta dukungannya,” sambung Kamarul lagi.

Baca Juga  Menengok Tudung Manto, Menyulam Kembali Persaudaraan Melayu

Sanggar Sri Mahkota Lingga menggelar pementasan Sandiwara Bangsawan di Daik Lingga, Minggu (27/11) lalu. Masyarakat Daik sangat menyaksikan sandiwara yang jarang dipentaskan ini. **

About admin

Lihat Juga

Apresiasi Anugerah Batam Madani 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sebagai wujud apresiasi pemerintah kota Batam kepada 10 tokoh yang membawa pengaruh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *