Home / EkBis / Rp 7 Miliar untuk Mengatapi Kawasan Bumi Indah
Salah Satu Sudut Komplek Bumi Indah Batam.

Rp 7 Miliar untuk Mengatapi Kawasan Bumi Indah

HANGTUAHNEWS.CO.ID, [Batam] – Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang menganggarkan Rp 7 miliar untuk membangun atap kawasan Bumi Indah Nagoya. Kepala Dinas CKTR, Suhar mengatakan anggaran ini sudah dimasukkan dalam KUA-PPAS APBD 2018.

“Ada 3.200 meter persegi dengan lebar 20 meter kawasan yang mau ditutup. Kalau pakai membran kelas I, itu Rp 2,2 juta per meter persegi. Jadi untuk keseluruhan ada sekitar Rp 7 miliar,” kata Suhar di Batam Centre, Sabtu (23/9).

Atap ini nantinya akan dibangdibangun setinggi gedung empat lantai, menutupi jalan antara dua bangunan. Sehingga pengunjung bisa bebas berjalan di bawahnya tanpa khawatir panas terik matahari ataupun hujan.

“Kita bangun konstruksi baru, di luar konstruksi ruko (rumah toko). Jadi tidak ganggu konstruksi ruko. Kalau ada tiang dekat ruko, akan kita kamuflase juga,” ujarnya.

Selain itu, rencananya juga akan dibangun panggung permanen di dalam kawasan perbelanjaan tersebut. Sehingga dapat difungsikan bila ada acara-acara di sana. Terkait sirkulasi kendaraan, Suhar mengatakan perlu ditinjau lebih lanjut. Apakah setelah ditata lokasi ini akan permanen dilarang kendaraan masuk atau tidak.

“Pak Wali maunya bebas kendaraan begitu. Tapi kita harus pikirkan lahan parkir juga. Kata Pak Wali, akan cari investor untuk bangun lahan parkirnya,” terang Suhar.

Sebelumnya, Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan pembangunan atap di kawasan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Konsep ini diimpikan Rudi setelah melihat hal serupa di beberapa negara, seperti Singapura dan Turki. Meski mencontoh negara lain, dalam pembangunan nanti tidak akan meninggalkan nuansa melayu.

“Pembuatannya kita boleh contoh negara lain. Tapi ornamennya jelas melayu,” kata dia. (kartika/mcb)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Data Pertumbuhan Ekonomi Kepri Menggembirakan di Triwulan Pertama

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, data pertumbuhan ekonomi Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *