Home / Pendidikan / Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Resmi Dibuka Pesiden Jokowi
Jokowi membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud.

Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Resmi Dibuka Pesiden Jokowi

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Depok – Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud di Jalan Raya Ciputat, Bojong, Depok, Jawa Barat. Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan kepada para peserta, yakni kepala dinas dan organisasi guru, untuk terus berinovasi di dunia pendidikan.

“Sudah bertahun-tahun kita berjalan rutin tanpa ada sebuah pembaharuan, tanpa sebuah inovasi besar di dalam dunia pendidikan dan kebudayaan kita,” kata Jokowi, Selasa (6/2/2018).

Menurut Jokowi, perubahan dunia saat ini berjalan begitu cepat. Dengan begitu, perlu perubahan dan inovasi di dunia pendidikan Indonesia. Ia menilai, hal ini guna menciptakan generasi-generasi bangsa yang mampu bersaing di kancah internasional.

“Itulah modal kita sebagai bangsa besar. Masalah apa pun yang ada di daerah dan sekaligus mampu memenangi kompetisi global nantinya,” ucap Jokowi.

Hanya saja, Jokowi mengingatkan agar para guru di Indonesia tidak mengesampingkan pendidikan watak kebangsaan dan daya juga juang untuk anak-anak didik mereka. Justru era kemajuan teknologi saat ini, sambungnya, para anak didik tak hanya belajar dari bangku sekolah, tetapi dapat memperoleh ilmu dari media sosial.

“Inilah yang harus memperkuat kearifan lokal kita. Hati-hati akar budaya kita, justru anak-anak kita belajar lewat medsos hal-hal yang bukan budaya negara kita Indonesia. Oleh sebab itu, kebudayaan menjadi napas bagi bangsa dan nilai-nilai kebangsaan bagi anak-anak didik kita,” terang Jokowi.

Selain memberikan pengarahannya, Jokowi juga membuka secara simbolik acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan dengan memukul gong. Sejumlah menteri juga turut hadir dalam pembukaan acara ini, di antaranya Menko PMK Puan Maharani, Mendikbud Muhajir, dan Mensesneg Pratikno. (hanzjs/lvi)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *