Home / Daerah / Batam / Relokasi Warga DAM Baloi Ditargetkan Selesai Tahun ini
Dam Baloi Kolam diambil dari udara (Foto:Net)

Relokasi Warga DAM Baloi Ditargetkan Selesai Tahun ini

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Relokasi warga DAM Baloi atau Baloi Kolam ditargetkan selesai pada 2018 ini. Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan pemindahan warganya harus selesai tahun ini agar mereka bisa diberikan sertifkat tanah gratis.

Tapi menurut Rudi, cepat atau lambatnya relokasi ini tergantung pada Badan Pengusahaan (BP) Batam. Karena instansi yang dulu bernama Otorita Batam inilah yang akan memberikan kavling bagi warga Baloi Kolam.

Setelah itu lahan akan diserahkan pada Pemerintah untuk didudukkan bersama. Pemerintah di sini, kata Rudi, adalah Pemko Batam bersama instansi vertikal lain. Ia ingin hal ini diketahui bersama agar informasi terbuka.

Satu hal yang ditekankan Rudi, relokasi akan dilakukan apabila legalitas yang diberikan kepada pengusaha sudah selesai seluruhnya. Menurut Rudi, ada tujuh pengusaha yang memiliki izin lahan di lokasi tersebut. Jika legalitas secara utuh selesai, selanjutnya akan dibentuk tim verifikasi untuk pemberian pesangon. Dan mereka pada dasarnya setuju memberi berdasarkan jumlah rumah di DAM Baloi.

Uang pesangon ini diminta Rudi untuk warga membangun rumah di atas kavling berukuran 6×10 yang disediakan BP Batam. Sedangkan untuk fasilitas umum seperti jalan nantinya akan disiapkan oleh Pemko Batam.

DAM Baloi atau Baloi Kolam ini terletak di tengah kota. Lokasinya tidak jauh dari Simpang Jam atau jalan layang Laluan Madani yang merupakan jalan utama penghubung Bandara dengan kawasan pelabuhan Batuampar. DAM Baloi ini nantinya akan dibangun menjadi kawasan ekonomi modern. Dan Rudi berharap ke depannya bisa menjadi ikon bagi Kota Batam. (kartika-mcb)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *