Home / Wisata / Rekor Dunia Untuk Padang Melang

Rekor Dunia Untuk Padang Melang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Anambas – Padang Melang adalah pantai indah yang di Anambas. Tepatnya berada di Pulau Letung jemaja Barat. Pasir putih membentang luas dari bibir pantai hingga sekitar 30-an meter. Panjangnya , sejauh mata memandang lekukan daratan yang di hiasi pepohonan, sepanjang itu juga pantainya.

Untuk pertama kalinya Anambas mengadakan acara besar, Festival Padang Melang. Dengan berbagai macam acara yang turut mengisi dan diramaikan oleh beberapa desa di Kabupaten Anambas. Termasuk juga memecahkan rekor MURI dengan pelepasan 5000 Tukik. Bedah buku Exploring Anambas.

Acara besar ini sesungguhnya ingin juga mendatangkan Bapak Presiden Jokowi. Namun belum menjadi rezeky warga Anambas akan hal itu. Acara tetap berjalan dengan sangat meriah dengan kehadiran pak Gubernur, Dinas pariwisata Kepri, Bupati dan beberapa pejabat lainnya. Demikian juga dengan warga yang tumpah ruah menutupi bibir pantai yang indah dan luas.

Acara di buka dengan menampilkan tarian topeng “Gobang” yang menjadi khas di Anambas. Ya tarian ini adalah budaya Anambas yang tidak akan di temukan kecuali di sana. Tarian gobang ditampilkan pada malam harinya, karena tarian Gobang memiliki cerita mistik dalam sejarahnya. 11-13 mei perhelatan ini di gelar dengan kerja sama para panitia yang terlibat.

Turut juga beberapa perlombaan seperti panjat pinang, dan juga pawai yang di ikuti oleh beberapa desa. Dengan menampilkan beberapa atraksi seperti pencak silat, baju pengantin, rebana dan juga kuda lumping. Ada jugaa Pembagian perlengkapan sekolah berupa tas, buku, pensil, pena penghapus dan penggaris. Pada malam harinya penduduk di hibur dengan artis dangdut ibukota, yaitu Yuli Kdi 2 dan KiKi Siska.

Puncak dari Festival Padang Melang adalah pelepasan tukik ke laut sebanyak 4700. Pelepasan tukik sebanyak itu bertujuan untuk mendapatkan Rekor Muri, namun sayang di tolak. Tapi dari pihak Muri menilai bahwa ini adalah “Rekor Dunia”. Menurut team Muri, bahwa belum pernah ada pelepasan tukik sebanyak ini di dunia. Piagam pun di berikan kepada Bupati setempat, dan di saksikan oleh Gubernur Kepri serta wakil DPRD anambas. Turut juga penyerahan life jaket untuk Padang Melang sekitar 1000 buah. SELAMAT untuk Padang Melang atas Rekor Dunia.

Dari manakah tukik sebanyak 4700 itu di dapat ?

Beberapa pulau di Anambas menjadi tempat untuk penyu bertelur. Dan ada beberapa penangkaran yang sejak 3 bulan sebelumnya mengumpulkan tukik-tukik tersebut. Salah satu nya adalah pak Lahani yang menyumbangkan lebih banyak tukik. Salah satu pulau yang menjadi tempat tukik bertelur adalah Pulau Mangkai.

Acara ini juga kedatangan jurnalis dan cameramen dari NET tv, yang meliput acara dari mulai pelepasan tukik, sampai selesai. Mereka pun berkunjung ke salah satu tempat pembuatan topeng disana, dan demi memperkenalkan budaya tarian Gobang, maka tarian Gobang di ulang kembali.

Semoga acara ini menjadi awal di kenalnya Anambas, karena pesona keindahannya patut di kenal para pecinta traveling, bahkan artis ibukota juga terpesona oleh keindahan Anambas. (Asih)

 

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Provinsi Kepri Ditargetkan Menjual 500 Paket Wisata

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Provinsi Kepulauan Riau ditargetkan menjual 500 ribu paket wisata dalam program hot deal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *