Home / EkBis / Realisasi Investasi Shipyard Batam Naik Signifikan
Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdako Batam, Ardiwinata.

Realisasi Investasi Shipyard Batam Naik Signifikan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Industri galangan kapal meningkat signifikan di semester I 2017 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Berdasarkan data realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) , industri alat angkutan dan transportasi lainnya naik dari Rp 9,8 miliar (satu perusahaan) menjadi Rp 199,05 miliar (tiga perusahaan). Industri pembuatan dan reparasi kapal, perahu, serta bangunan terapung lainnya ini menyerap hingga 1.026 tenaga kerja.

Industri alat angkutan dan transportasi lainnya ini juga memberi kontribusi terbesar pada realisasi investasi Kota Batam semester I 2017. Yakni 78,67 persen dari total realisasi investasi sebesar Rp 253,513 miliar.

Kondisi industri alat angkutan dan transportasi lainnya ini berbanding terbalik dengan industri logam dasar, barang logam, mesin, dan elektronik, serta industri hotel dan restoran.

Pada semester I 2016, realisasi industri logam dasar mencatat realisasi investasi sebesar Rp 81,129 miliar atau 40,08 persen total realisasi investasi. Sementara pada semester I 2017, turun menjadi Rp 7,1 miliar atau 2,81 persen dari total investasi. Meski dari jumlah proyek hanya berkurang dari enam menjadi lima.

Sedangkan hotel dan restoran pada semester I 2016 mencatat angka realisasi investasi senilai Rp 94,5 miliar atau 46,69 persen dari total investasi. Dan pada 2017, belum ada sama sekali.

“Secara umum, realisasi investasi PMDN Kota Batam semester I ini naik 25 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Semester I 2016 lalu, realisasi investasi PMDN yang tercatat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebesar Rp 202,4 miliar,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdako Batam, Ardiwinata, Kamis (27/7). (mcb)

About admin

Lihat Juga

Data Pertumbuhan Ekonomi Kepri Menggembirakan di Triwulan Pertama

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, data pertumbuhan ekonomi Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *